6 Langkah Praktis Membangun Rencana Bisnis yang Baik

6 langkah praktis membangun rencana bisnis yang baik ini akan membantu Anda yang ingin membangun bisnis atau Anda yang sudah punya bisnis namun ternyata belum memiliki rencana bisnis yang baik. Rencana bisnis yang matang ternyata sangat penting dan merupakan suatu keharusan bagi siapa saja yang memiliki bisnis. Dengan memiliki rencana bisnis, akan memudahkan Anda dalam menangkap peluang bisnis dan mengeksekusinya dengan strategis sehingga bisnis dapat semakin berkembang.

Namun ternyata banyak di antara Anda sebagai Pemilik Bisnis yang belum tahu bagaimana langkah praktis membangun rencana bisnis yang baik. Tentunya rencana bisnis yang baik adalah rencana bisnis yang efektif dan juga efisien. Berikut adalah 6 langkah praktis membangun rencana bisnis yang baik:

  1. Gambarkan dengan baik produk/jasa yang Anda tawarkan
    Anda harus mengetahui dan memahami dengan baik apa produk/jasa yang Anda tawarkan. Memahami kelebihan dan kekurangan produk bisa menjadi salah satu cara untuk mengenal produk dengan baik. Mengenal produk dengan baik mempengaruhi pemilihan strategi yang sesuai untuk menarik minat konsumen dan juga image apa yang ingin Anda tawarkan kepada konsumen (WHAT)
  1. Tentukan siapa yang menjadi target market/target pasar Anda
    Anda harus menentukan siapa WHO yang Anda tuju dengan spesifik. Semakin spesifik WHO yang Anda tuju, maka akan semakin baik. Anda akan semakin jelas mengetahui siapa sebenarnya yang menjadi target market/target pasar Anda (WHO)
  1. Ketahuilah di mana target market/target pasar Anda berada
    Dengan mengetahui secara spesifik siapa yang menjadi target market/target pasar Anda, tentunya akan membuat Anda mengetahui ada di mana mereka. Tujuannya adalah agar Anda mengetahui dimana harus memasarkan produk/jasa di Bisnis Anda (WHERE)
  1. Tentukan waktu yang tepat untuk memasarkan produk/jasa Anda
    Setelah mengetahui ada di mana target market/target pasar Anda, sekarang tentukan waktu yang tepat untuk memasarkan produk/jasa Anda. Pada waktu kapan target market Anda akan lebih berkemungkinan untuk melihat dan membeli produk/jasa di Bisnis Anda (WHEN)
  1. Anda harus memiliki alasan yang kuat mengapa konsumen harus membeli produk/jasa Anda
    Penting untuk memiliki alasan mengapa konsumen harus membeli produk/jasa Anda. Produk/jasa Anda harus menjadi solusi dengan menjawab kebutuhan konsumen. Selain itu, bagi konsumen yang telah membeli produk Anda, ajaklah mereka berkomunikasi untuk lebih mengetahui alasan mereka membeli produk Anda (WHY)
  1. Pikirkan struktur manajemen, strategi operasional, dan strategi pemasaran produk
    Struktur manajemen, strategi operasional, dan strategi pemasaran produk memegang peranan yang sangat penting dalam menentukan keberhasilan produk/jasa Anda. Bila Anda memiliki semuanya dengan baik, maka akan mempermudah Anda mencapai tujuan dalam berbisnis (HOW)

Semua Bisnis tentunya menginginkan profit bukan? Namun tentunya tidak hanya profit. Semua Pemilik Bisnis tentu juga menginginkan kebebasan waktu. Bila Anda membangun rencana bisnis yang baik, bukan tidak mungkin Anda bisa mendapatkan keduanya, yaitu bisnis yang semakin menguntungkan namun bisa berjalan sendiri tanpa harus selalu ada Pemilik Bisnis di dalamnya (Profitable & AUTO-PILOT™).

Berpusat di Jakarta Indonesia, GRATYO® bersama Coach Yohanes G. Pauly, percaya bahwa semua bisnis bisa semakin Profitable dan AUTO-PILOT™ bila Anda tahu cara Praktisnya. Tentu saja, semua dimulai dari membangun rencana bisnis yang baik. Dengan membuat rencana bisnis yang baik, akan membuat Bisnis Anda lebih fokus dan terarah. Selain itu, juga akan bisa mengantarkan Bisnis Anda ke level yang lebih tinggi lagi. Mau Bisnis Anda semakin naik level lagi? Ayo segera Take ACTION! Any Business can be Profitable & AUTO-PILOT™.

GRATIS! Dapatkan SEKARANG JUGA

[BLT] Business & Life Tips

dari Coach Yohanes G. Pauly

Thank you

Anda telah berhasil berlangganan [BLT] Business & Life Tips dari Coach Yohanes G. Pauly


Business & Life Tips