Gratyo BLT Banner
Kapal Bisnis Anda Tanpa Tujuan? Dimensi: Human Capital

Hai Entrepreneurs,

Anda sebagai Kapten Kapal di kapal Bisnis Anda! Lalu ada beberapa atau banyak Anak Buah Kapal (ABK) di kapal Bisnis Anda. Nah, apakah Kapten Kapal sudah tahu kapal ini menuju ke mana dalam 10 tahun ke depan, 5 tahun ke depan, bahkan 1 tahun ke depan? Kalau pun tahu, apakah sudah dijelaskan ke setiap ABK Anda di kapal bisnis Anda?

Practical Business Tips dari Coach Yohanes adalah sebagai Kapten Kapal (atau Pemilik Bisnis), kita harus punya 2 hal mendasar:

PERTAMACommon Purpose atau Tujuan Bersama. Dan Common Purpose ini harus dikomunikasikan ke seluruh team agar mereka tahu pulau mana yang akan kita tuju berikutnya dalam 1 tahun ke depan.

KEDUA: Common Theme atau Tema Bersama. Akan semakin seru jika setiap ABK tahu tema apa di dalam kapal Bisnis kita untuk 1 tahun ke depan. Apakah tema-nya tentang semangat pakai baju Hawaii, atau tema fokus ke action dengan baju cowboy, atau tema efisiensi biaya dengan baju laboratorium? Apapun tema-nya, yang penting setiap ABK tahu 1 tahun ke depan apa fokus kita bersama di kapal ini!

Jika Anda menjadi ABK (team atau karyawan) di kapal Bisnis Anda, mana yang Anda pilih…

PILIHAN 1: Setiap hari terus menerus mendayung, melihat laut terus menerus, tanpa tahu tujuan kapal mau ke pulau apa… atau…​

PILIHAN 2: Setiap hari berimajinasi saya akan dapat apa dan melakukan apa jika saya sampai ke pulau yang dituju dalam 1 tahun ke depan ya… tetap setiap hari mendayung sih… tetap setiap hari lihat laut sih… namun tahu tujuan bersama dari setiap dayungan saya sebagai ABK di kapal bisnis Anda…

Mana yang Anda pilih, saya yakin Anda tahu jawabannya! :-)​

Pertanyaannya, tipe Kapten Kapal seperti apa Anda, dan bagaimana tipe ABK (sekali lagi, team atau karyawan) di kapal bisnis Anda? Apakah Anda happy dengan performance Anda sebagai Kapten Kapal, ABK Anda, dan bisnis Anda? Jika belum happy, berarti ada yang harus dipelajari dan diubah kan?

Pernahkah Anda naik sebuah kapal di mana sang Kapten Kapal tidak tahu kapal-nya mau ke mana? Tipe ABK seperti apa yang mau ikut Kapten Kapal yang tidak tahu ke mana tujuan kapal bisnis Anda? Apakah tipe ABK yang pintar dan inisiatif, atau tipe ABK yang “nge-flow saja, Jack”? :-)

 

Business is FUN!™
Keep the PASSION real!™

With GRATitude regards,
Coach Yohanes G. Pauly
World’s Top Certified Business Coach
Founder, CEO & Master Coach
GRATYO World’s Leading Practical Business Coaching

tel: +62 21 4587 1017
fax: +62 21 4587 1018
sms info center: +62 812 8010 8823
Email info center: info@gratyo.com


Other Articles

GRATIS! Dapatkan SEKARANG JUGA

[BLT] Business & Life Tips

dari Coach Yohanes G. Pauly

Thank you

Anda telah berhasil berlangganan [BLT] Business & Life Tips dari Coach Yohanes G. Pauly


Business & Life Tips