Business Update


6 Strategi Sukses Entrepreneur Dunia Membuat Bisnis Diantri Customer

6 Strategi Sukses Entrepreneur Dunia Membuat Bisnis Diantri Customer Dibagikan oleh Business Coach No. 1 Tingkat Dunia, Coach Yohanes G. Pauly di GRATYO® Entrepreneurs Gathering  di Jakarta, Indonesia

Pernah Anda bertanya-tanya apa yang membuat banyak entrepreneur di dunia sukses bangun bisnisnya? Sebut saja seperti Steve Jobs yang sukses membangun Apple, Bill Gates yang sukses dengan Microsoft, atau Jack Ma yang sukses dengan Alibaba?

Tahukah Anda bahwa ternyata untuk membangun sebuah bisnis yang sukses, ada 1 hal paling penting di bisnis yang harus dikuasai oleh Anda sebagai Pemilik Bisnis? Jawabannya bukan produk atau jasa yang bagus, sumber daya manusia (SDM), profit, atau sistem dan monitoringyang baik saja maka bisa membuat bisnis menjadi sukses. Anda boleh saja punya itu semua, tapi kalau tidak ada yang satu ini, maka bisnis bisa tutup.

Ternyata 1 hal yang paling penting di bisnis apapun adalah Customer antri! Bisnis akan berkembang dengan luar biasa bila banyak customer secara terus menerus antri membeli produk atau jasa Anda. Pertanyaannya sekarang, bagaimana membuat customer terus menerus antri di bisnis Anda?

Untuk membuat customer antri di bisnis Anda, pertama Anda harus menentukan Spesific WHOdi Bisnis Anda. Siapakah orang-orang yang paling mungkin membeli produk atau jasa Anda? Siapakah target market dari bisnis Anda? Kesalahan terbesar yang sering dilakukan oleh pemilik bisnis adalah menjawab “Semuanya!”. Padahal peluru kita terbatas, kita tidak mungkin bisa menembak semua burung di udara. Oleh karena itu, penting untuk fokus ke burung tertentu yang ingin Anda fokuskan, yang bisa menjadi customer Anda.

Kedua, setelah Anda memutuskan WHO atau siapa yang spesifik untuk produk atau jasa Anda, maka sekarang saatnya Anda memikirkan Relevant WHERE. Dimanakah target market Anda yang spesifik tersebut berada? Bisa jadi burung dengan jenis spesifik yang menjadi target market Anda tersebut berkumpul di pohon yang sama. Bila kita tembakkan peluru yang terbatas itu ke pohon tersebut, maka akan lebih banyak burung yang kena pelurunya.

Lalu yang ketiga, Anda harus memikirkan Beyond WHAT atau sesuatu yang berbeda di luar produk atau jasa Anda. Ciptakan persepsi yang baik atas produk atau jasa Anda, sehingga calon customer atau customer Anda tidak hanya fokus ke functional benefit-nya saja dan membandingkan fungsinya dengan bisnis lain yang sejenis hingga terjadilah perang harga. Justru Anda harus membuat mereka fokus dengan emotional benefit yang menyentuh hati sehingga harga seringkali tidak relevan. Berapa banyak orang mau membeli jam tangan yang harganya ratusan juta bahkan miliaran? Padahal jam tangan yang harganya jauh lebih murah pun banyak dan fungsinya sama saja, yaitu untuk melihat waktu. Itulah kenapa penting untuk lebih fokus ke emotional benefit.

Saat ini langkah keempat yang harus Anda lakukan adalah Anda memikirkan Different WHYatau kenapa customer Anda harus percaya atas apa yang Anda katakan. Tentunya kita tidak boleh berbohong saat membicarakan functional benefit atau manfaat dari produk atau jasa. Apa yang kita janjikan sebagai manfaat dari membeli atau memakai produk atau jasa harus benar sehingga customer yakin akan emotional benefit yang Anda katakan sebelumnya.

Kelima, Anda harus menentukan Right WHEN atau kapan waktu yang paling tepat untuk Anda melakukan marketing program atau marketing activities atas produk atau jasa Anda. Memang banyak bisnis yang bisa melakukan marketing activities di segala waktu, namun WHEN adalah faktor penting bila Anda ingin strategi marketing yang Anda lakukan bisa memberikan hasil yang optimal. Misalnya, bisnis Anda adalah bisnis restoran, sebaiknya Anda tidak membagikan brosur untuk makan siang di bulan puasa di negara yang mayoritas penduduknya sedang berpuasa sehari penuh.

Keenam adalah kunci akhir dari Spesific WHO, Relevant WHERE, Beyond WHAT, Different WHY,dan Right WHEN yaitu Practical HOW! Bagaimana Anda menyentuh calon customer Anda dengan cara yang efisien dan efektif melalui marketing program yang praktis. Harapannya supaya calon customer sangat sadar dengan produk atau jasa yang ditawarkan. Misalnya, dari pagi hari ada produk atau jasa Anda di internet banner di portal berita digital yang dibacanya, ada flyer tentang produk atau jasa Anda saat makan siang, ada Facebook Ads produk/ jasa Andasaat ia mengecek social media-nya di sore hari, dan bahkan ada iklan Anda di televisi saat ia menonton di malam hari.

6 strategi Praktis tersebut dibagikan oleh Coach Yohanes G. Pauly, Business Coach yang mencapai Peringkat No. 1 di Tingkat Dunia dari GRATYO® Practical Business Coaching di GRATYO® Entrepreneurs Gathering. Coach Yohanes G. Pauly merupakan Pemegang Rekor Dunia dari Guinness World Records™ yang membagikan strategi-strategi bisnis yang praktis dan sudah terbukti berhasil untuk membangun bisnis yang Sukses, Profitable AUTO-PILOT di buku bisnis best seller “Business Is FUN!™”.

Bila selama ini Anda merasa bisnis belum sebesar yang Anda mau, produk atau jasa Anda bagus tapi kurang laku, sulit cari customer, atau sering sekali perang harga dengan kompetitor, maka Anda bisa cek strategi membuat customer antri di bisnis Anda di Gratyo.com dan YohanesGPauly.com


Other Articles

GRATIS! Dapatkan SEKARANG JUGA

[BLT] Business & Life Tips

dari Coach Yohanes G. Pauly

Thank you

Anda telah berhasil berlangganan [BLT] Business & Life Tips dari Coach Yohanes G. Pauly


Business & Life Tips