cara rekrut karyawan

Susah Dapat Karyawan Bagus? Terapkan Cara Rekrut Karyawan Ini di Bisnis Anda!

cara rekrut karyawan

Rekrut karyawan bagus susahnya setengah mati? Sudah berkali-kali adakan rekrutmen tapi hasilnya tidak seperti harapan Anda? Terapkan cara rekrut karyawan ini agar banyak karyawan bagus dan berkualitas yang melamar di bisnis Anda!

Cara rekrut karyawan

Rekrut karyawan menjadi momok tersendiri bagi banyak pemilik bisnis. Harapannya supaya bisa punya karyawan yang kinerjanya bagus dan membantu bisnis untuk semakin berkembang, yang terjadi malah kebalikannya. Pekerjaan pemilik bisnis makin bertambah karena harus selalu mengawasi dan terpaksa mengerjakan ulang pekerjaan karyawan.

Yuk perbaiki cara rekrut karyawan Anda agar tidak lagi dipusingkan dengan permasalahan karyawan dan Anda sebagai kapten kapal bisnis bisa lebih fokus untuk mengurusi hal strategis dan perkembangan bisnis.

Mulai dari iklan lowongan

Mayoritasnya, corong awal dari cara rekrut karyawan yang diterapkan oleh pemilik bisnis adalah dengan menggunakan iklan lowongan pekerjaan.

Iklan lowongan pekerjaan ini bisa digunakan di berbagai media seperti job portal, Facebook Ads, koran, ataupun brosur. Namun ingat, penempatan iklan lowongan juga harus sesuai dengan karyawan seperti apa yang ingin direkrut.

Global Awards Winning Business Coach, Coach Yohanes G. Pauly menjelaskan bahwa cara rekrut karyawan yang pertama kali harus dilakukan oleh pemilik bisnis adalah dengan membuat iklan lowongan kerja yang tepat.

“Seperti halnya membuat iklan untuk marketing, iklan lowongan kerja juga harus bagus. Tapi banyak pemilik bisnis yang membuat iklannya terlalu standar sehingga yang melamar juga orang-orang standar bahkan dibawah standar.” ucap Coach Yohanes G. Pauly.

Coach Yohanes G. Pauly menjelaskan bahwa pemilik bisnis harus menggunakan iklan dengan format AIDA, yaitu Attention, Interest, Desire, dan Action:

1. Attention

Langkah pertama adalah pemilik bisnis harus membuat iklan lowongan kerja yang menarik dan membuat orang berhenti saat melihat iklan tersebut.

Coach Yohanes G. Pauly mencontohkan dengan bisnis pernak pernik wanita yang ingin merekrut Sales Manager dengan pengalaman pernah memegang lebih dari 10 outlet, maka di kalimat pertama lowongan kerja yang biasanya ditulis “Dicari” diganti dengan kalimat “Anda Sales Manager yang pernah memegang lebih dari 10 outlet?”

Dengan menggunakan kalimat yang berbeda, maka orang yang merasa memenuhi kualifikasi akan berhenti dan membaca iklan lowongan tersebut lebih lanjut.

Baca juga:

2. Interest

Untuk bisa menarik perhatian calon karyawan bagus, maka pemilik bisnis harus mengubah konten iklan yang dibuat.

Jika biasanya yang ditulis adalah “Kami adalah perusahaan yang sedang berkembang….” Maka ganti kalimat tersebut dengan impian dan tujuan yang ingin dicapai oleh bisnis.

Kenapa? Karena seorang karyawan bagus pastinya ingin bekerja di bisnis yang punya prospek dan target yang jelas karena tentunya karyawan tersebut juga ingin makin berkembang.

Oleh karena itu, tulis apa mimpi dan tujuan bisnis yang ingin dicapai, namun ingat, tujuan dan mimpi ini harus realistis dan tidak boleh bohong.

Penasaran dengan kelanjutan 2 langkah lain dalam membuat iklan lowongan kerja sebagai langkah awal cara rekrut karyawan bagus dan berkualitas?

Yuk simak penjelasan selengkapnya dari Coach Yohanes G. Pauly dengan klik link disini.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *