Cara pemasaran online

2 Cara Pemasaran Online agar Tidak Perang Harga di Marketplace

Cara pemasaran online

Bisnis Anda ada di marketplace namun selalu terjebak dalam perang harga? Customer beli di bisnis yang berani jual dengan harga paling murah? Ini 2 cara pemasaran online agar bisnis ramai customer tanpa terjebak perang harga!

Perang harga di marketplace

Marketplace merupakan salah satu platform yang sangat menjanjikan dan membawa angin segar di dunia bisnis. Calon customer dari berbagai jenis Bisnis berkumpul dan bisa dijangkau tanpa batasan waktu.

Banyak pemilik bisnis atau yang baru mau buka bisnis lebih memilih untuk menggunakan marketplace sebagai tempat untuk jualan.

Namun meskipun punya banyak kelebihan, ada satu sisi yang menjadi momok besar bagi pemilik bisnis, yaitu sangat sering terjebak perang harga.

Umumnya di marketplace, calon customer bisa mencari barang yang ia inginkan dengan sorting dari harga paling rendah. Jika produk yang dijual punya harga yang lebih mahal, bahkan dengan selisih ratusan perak saja, calon customer akan lari dan memilih membeli di bisnis yang berani menjual dengan harga yang jauh lebih murah.

Akibatnya pemilik bisnis terpaksa melakukan cara pemasaran online dengan menurunkan harga dan selalu terjebak dalam perang harga berkepanjangan dan tidak ada habisnya.

Cara pemasaran online

Lalu bagaimana caranya supaya keluar dari perang harga? Apa cara pemasaran online yang bisa diterapkan oleh pemilik bisnis agar bisnis ramai customer dan bisa dapat untung yang besar?

Mengutip penjelasan Global Awards Winning Business Coach, Coach Yohanes G. Pauly, ada 2 cara pemasaran online yang bisa diterapkan oleh pemilik bisnis agar keluar dari perang harga dan bisa mendatangkan banyak customer ke bisnis:

1. Tentukan siapa specific WHO yang tepat

Cara pemasaran online pertama adalah pemilik bisnis harus punya specific WHO yang tepat untuk bisnisnya.

Apa penyebab sering terjadi perang harga terutama di marketplace? Karena pemilik bisnis tidak menyasar ke specific WHO yang tepat, karena orang yang “kena” cara pemasaran online bukanlah target market yang sesuai dengan bisnis.

“Akibatnya calon customer tersebut akan menawar hingga harga paling rendah dan paling bawah. Ujung-ujungnya, pemilik bisnis mendapatkan hasil penjualan yang sangat sedikit bahkan nyaris hanya bisa balik modal saja.” ucap Coach Yohanes G. Pauly.

Saking pentingnya untuk menentukan specific WHO, Coach Yohanes G. Pauly mengibaratkan cara mendapatkan specific WHO ini seperti pemburu yang akan menembak burung dengan peluru yang terbatas.

Baca juga:

Jika pemburu ingin mendapatkan burung yang kualitasnya bagus, yang jika dijual harganya mahal, maka pemburu harus menentukan kriteria burung seperti apa yang akan ditembak. Ingat bahwa peluru yang dimiliki oleh pemburu tersebut terbatas. Jika asal tembak, bisa jadi peluru tersebut malah mengenai burung yang tidak bernilai tinggi.

Begitu juga dengan bisnis, waktu, tenaga, dan uang yang dimiliki pemilik bisnis itu terbatas, maka pemilik bisnis tersebut harus bisa untuk memanfaatkannya agar bisa menjalankan cara pemasaran online yang tepat kena ke sasaran yang diinginkan.

Mau tahu cara pemasaran online kedua dari Coach Yohanes G. Pauly? Klik disini untuk tonton video lengkapnya!

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *