Penjualan bisnis

5 Rahasia Scale-Up untuk Tingkatkan Penjualan Bisnis

Penjualan bisnis

Mau coba scale-up untuk meningkatkan penjualan bisnis? Tidak tahu strategi tepat untuk diterapkan? Perhatikan 5 rahasia ini agar tidak terjebak perang harga dengan kompetitor dan merugi!

Tingkatkan penjualan bisnis

Bukan rahasia umum jika salah satu solusi untuk meningkatkan penjualan di bisnis adalah dengan scale-up atau ekspansi dengan memperbanyak jumlah cabang bisnis.

Scale-up sendiri bisa dilakukan dengan banyak cara, seperti scale-up bisnis dengan memperbanyak cabang dari bisnis pertama, scale-up dengan jenis bisnis baru yang berbeda dengan bisnis sebelumnya, atau scale-up melebarkan sayap dari yang tadinya hanya tersedia di offline menjadi online atau sebaliknya

Harapannya adalah jika pemilik bisnis sudah scale-up dan punya banyak cabang bisnis, calon customer dan customer akan makin tertarik untuk membeli dan penjualan bisnis bisa makin meningkat.

5 rahasia scale-up

Sebelum pemilik bisnis melakukan scale-up, tentunya pemilik bisnis harus punya strategi tepat agar cabang bisnis yang dibuka bisa berkembang dan memberikan output seperti yang diharapkan.

Mengutip penjelasan dari Global Awards Winning Business Coach, Coach Yohanes G. Pauly, ia menjelaskan bahwa ada 5 rahasia dalam melakukan scale-up agar tidak hanya menaikkan penjualan bisnis namun juga membawa bisnis ke level yang lebih tinggi:

1. Sistem yang praktis dan bisa diduplikasi

Ini adalah rahasia yang sangat krusial yang harus dimiliki dan diterapkan oleh seluruh pemilik bisnis, baik yang akan scale-up atau sedang scale-up.

“Siapa yang akan mengatur jalannya bisnis kalau di bisnis tidak ada sistem? Ujung-ujungnya pemilik bisnis yang jadi otak sekaligus mesin motor yang menggerakkan jalannya bisnis. Semua serba pemilik bisnis, akibatnya pemilik bisnis terjebak 24 jam di bisnisnya.” jelas Coach Yohanes G. Pauly.

Mengingat pentingnya sistem di bisnis, maka sebuah kewajiban bagi pemilik bisnis untuk membuat sebuah sistem yang nantinya bisa dijalankan oleh karyawan dan bisnis.

Jika pemilik bisnis belum punya sistem yang berjalan, maka jangan berpikir untuk scale-up dulu. Karena jika memaksakan untuk scale-up, pemilik bisnis malah akan kelimpungan karena bisnis hanya akan semakin menyedot waktu dan hidup Anda!

Salah satu rahasia membuat sistem yang berjalan dan bisa diduplikasi menurut Coach Yohanes G. Pauly adalah dengan melalui 8 langkah bangun sistem: SMARTER Business Goals, Business Strategy, Flowism, Organism, Mechanism, Quantification, Elimination, dan Automation.

2. Punya SuperTEAM dan sistem rekrut karyawan bagus

“2 aset terbesar di bisnis adalah great brand dan right people. Dengan right people, pemilik bisnis bisa membuat sebuah great brand dan membawa bisnis ke level yang lebih tinggi.” jelas Coach Yohanes G. Pauly.

Untuk bisa memiliki right people dan membangun SuperTEAM di bisnis, langkah awalnya adalah dengan merekrut karyawan yang tepat (right people), menempatkannya di posisi yang tepat (right place), dan di waktu yang tepat (right time).

Rahasia untuk bisa merekrut karyawan yang tepat adalah dengan menggunakan GRATYO Power Recruitment (GPR) yang digagas oleh Coach Yohanes G. Pauly.

Sistem rekrutmen ini menitikberatkan untuk menggali dimensi soft skill calon karyawan sehingga nantinya pemilik bisnis bisa mendapatkan karyawan yang tepat (right people), di waktu yang tepat (right time), dan di tempat yang tepat (right place).

Baca juga:

3. Strategi marketing dengan menjual emotional benefit

Ini adalah strategi penting untuk meningkatkan penjualan bisnis saat scale-up. Pemilik bisnis harus fokus ke emotional benefit dan berhenti menjual functional benefit.

Emotional benefit bertujuan untuk fokus ke sisi emosional dan menyentuh hati customer, sedangkan functional benefit hanya fokus pada kegunaan dan fungsi semata.

Penjualan bisnis akan meningkat dan tidak terjebak perang harga jika pemilik bisnis menerapkan emotional benefit ini di bisnis.

4. Kuasai digital marketing

Digital marketing terbukti bisa menjangkau calon customer dalam skala yang lebih luas dan waktu yang tidak terbatas. Pemilik bisnis yang menguasai digital marketing merupakan sebuah potensi yang besar karena bisa meningkatkan penjualan bisnis dan menjangkau calon customer yang tidak bisa dijangkau melalui strategi offline.

Dunia digital marketing ini tidak hanya dengan beriklan, pemilik bisnis bisa memanfaatkan dunia digital seperti sosial media dan website untuk mengenalkan cabang usahanya ke calon customer.

Menghasilkan dan memaksimalkan omzet Anda mau belajar strategi scale-up lebih lengkap dari pakarnya?

Hanya di Indonesia Business Conference, Anda bisa dapatkan seluruh rahasia sukses scale-up bersama Hermanto Tanoko, Founder of Tan Corp dan Forbes Top 50 Richest in Indonesia dan Coach Yohanes G. Pauly, Global Awards Winning Business Coach dan Founder GRATYO Group Companies.

Dapatkan info lengkapnya dengan klik disini!

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *