Persaingan Pasar

Susah Dapatkan Customer dan Menangkan Persaingan Pasar? Baca 6 Langkah Berikut ini!

Persaingan Pasar

Keinginan seorang entrepreneur adalah sukses dalam menjualkan produk atau jasanya dengan banyak, walaupun persaingan pasar makin kompetitif dan bisnis-bisnis baru terus bermunculan baik dari dalam negeri dan luar negeri.

Sebelumnya Anda sudah membaca artikel Susah Cari Customer? 3 Strategi ini Dapat Membantu Bisnis, nah selanjutnya Anda harus lebih memperdalam lagi dari 3 strategi tersebut agar bisnis Anda menang dalam persaingan pasar dan sukses menjualkan produk atau jasa.

Dalam artikel sebelumnya dijelaskan 4 dari 6 strategi agar calon customer ramai datang dan membeli di bisnis Anda. Di artikel kali ini akan dibahas 2 strategi pelengkapnya.pasar 

Strategi ini disampaikan oleh Coach Yohanes G. Pauly yang merupakan Global Awards Winning Business Coach serta Founder dari GRATYO Practical Business Coaching!

Ada banyak cara untuk membuat strategi marketing yang ampuh di bisnis, namun Coach Yohanes G. Pauly membuatnya dengan sederhana sehingga Anda dapat dengan mudah mempelajarinya dan mengimplementasikannya pada bisnis Anda, cara tersebut adalah 5W+1H. Lalu apa sih 5W+1H dalam menjalankan bisnis?

1. Menangkan persaingan pasar dengan Specific WHO

Cara ini digunakan untuk menentukan siapa yang menjadi target spesifik dari bisnis Anda, banyak entrepreneur yang menganggap bahwa semua orang adalah target bisnisnya.Padahal hal tersebut merupakan sumber dari terjadinya persaingan pasar..

Semakin tidak spesifik target market Anda, makin besar kemungkinan bisnis Anda terjebak di persaingan pasar. Sehingga bisnis yang dijalankan menjadi sepi customer yang kemudian Anda cuma bisa perang harga.

Menurut Coach Yohanes G. Paul, specific HWO ini ibaratkan pemburu yang punya peluru terbatas dan ingin menembak burung di hutan. Jika si pemburu ini tidak tahu jenis burung, warna burung dan detail burung yang ia inginkan, ia akan menembak sembarangan dengan peluru yang ia miliki.

AKibatnya peluru si pemburu habis, tapi burung yang didapat tidak ada yang berkualitas karena ditembak asal-asalan.

2. Menangkan persaingan pasar dengan Relevant WHERE

Jika Anda sudah memahami Specific WHO maka selanjutnya Anda melakukan langkah relevant WHERE. Pada langkah ini Anda akan mengetahui dimana para calon customer Anda biasa berkumpul

Jika diibaratkan Anda menjadi seorang pemburu yang mengincar suatu burung, biasanya burung dengan jenis yang sama akan berkumpul di pohon yang sama pula. Benar kan ya? 

Begitu juga dengan calon customer. Jika Anda sudah tahu target market Anda siapa, Anda akan dengan mudah menemukan dimana target market ini biasa berkumpul.  

Baca juga:

3. Menangkan persaingan pasar dengan Beyond WHAT

Banyak entrepreneur yang hanya menjelaskan apa yang menjadi kelebihan dari produknya saja, namun menurut Coach Yohanes G. Pauly apa yang dilakukan oleh pemilik bisnis tersebut tidak cukup. 

Dalam hal ini Coach Yohanes G. Pauly mengajarkan agar entrepreneur harus menjual Beyond WHAT dengan menonjolkan emotional benefit yang menjual ke sisi emosional dan menyentuh hati seorang customer.

4. Menangkan persaingan pasar dengan Different WHY

Tips selanjutnya adalah seorang entrepreneur harus memahami dan mengimplementasikan different why. Lalu apa itu Different Why ? Different Why adalah cara dimana seorang pemilik bisnis memiliki alasan-alasan kenapa customer harus membeli produk atau jasa yang Anda jual, alasan tersebut tidak dimiliki oleh bisnis lain dan hanya bisnis Anda yang punya. 

“Tentu Anda tidak boleh berbohong saat membicarakan apa benefit atau manfaat produk atau jasa yang dijual. Jadi apa yang dijanjikan sebagai manfaat dari membeli produk atau jasa harus benar.” jelas Coach Yohanes G. Pauly.

5. Menangkan persaingan pasar dengan Right WHEN

Langkah ini Anda mengetahui kapan waktu serta kondisi yang tepat bagi seorang entrepreneur untuk menjualkan produk atau jasa ke calon customer. Bukan hanya waktu yang tepat tapi Anda juga harus memikirkan situasi atau kondisi yang tepat untuk menjualkan produk atau jasa anda.

Langkah selanjutnya tersisa adalah H. Lalu apa itu H? Mau tau penjelasan lengkapnya? Simak videonya di link berikut ini.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *