Terjebak perang harga melulu dengan kompetitor? Ini ide kreatif untuk meningkatkan penjualan dan bikin customer antri yang harus Anda terapkan di bisnis!

Perang Harga Melulu? Ini Ide Kreatif untuk Meningkatkan Penjualan

Terjebak perang harga melulu dengan kompetitor? Ini ide kreatif untuk meningkatkan penjualan dan bikin customer antri yang harus Anda terapkan di bisnis!

Terjebak perang harga melulu dengan kompetitor? Ini ide kreatif untuk meningkatkan penjualan dan bikin customer antri yang harus Anda terapkan di bisnis!

Ide kreatif meningkatkan penjualan

Bisnis Anda sudah berjalan lama tapi penjualan masih rendah? Atau penjualan tinggi tapi profit-nya tipis sekali karena selalu perang harga? Butuh ide kreatif meningkatkan penjualan di bisnis?

Jika Anda sudah punya specific WHO yang tepat di bisnis, sudah menentukan relevant WHERE, kini saatnya Anda menentukan strategi ketiga dari GRATYO Marketing Pyramid, yaitu beyond WHAT.

Maksud dari beyond WHAT adalah pemilik bisnis menjual produk atau jasa bukan hanya karena apa yang dijual, tapi dengan menciptakan persepsi yang baik atas produk atau jasa di mata calon customer.

Beyond WHAT lebih mengutamakan untuk menjual emotional benefit dibandingkan functional benefit. Jika functional benefit lebih menjual fungsi atau kegunaan dari barang, maka emotional benefit lebih menyentuh ke hati atau emosi dari calon customer.

Emotional benefit ini adalah salah satu ide kreatif untuk meningkatkan penjualan tanpa perang harga dengan kompetitor.

Belajar dari bisnis pembersih pakaian

Coach Yohanes G. Pauly mencontohkan beyond WHAT ini dengan sebuah produk pembersih pakaian. Produk pembersih pakaian ini mengalami kesulitan untuk menarik calon customer membeli ke bisnis mereka karena persaingan dengan kompetitor.

Salah satu kompetitornya menjual produk dengan harga yang lebih murah, dan kompetitornya yang lain menjual produk dengan harga yang lebih mahal. Jadi bisnis pembersih pakaian ini posisinya berada di tengah.

Makin lama jumlah customer dari produk pembersih pakaian ini makin menurun karena ditarik oleh dua kompetitor tersebut. Akhirnya bisnis pembersih pakaian ini melakukan research ke specific WHO-nya agar bisa mendapatkan insight baru.

Dari sekian lama research, didapatkan lah satu insight, yaitu Ibu-ibu target dari produk pembersih pakaian ini tidak mempedulikan merk, tapi yang penting adalah karena kekuatan “ngucek”. Oleh karena itulah mereka lebih memilik untuk membeli pembersih pakaian dengan harga yang paling murah.

Baca juga:

Bisnis pembersih pakaian ini kemudian berhenti mengkomunikasikan functional benefit. Mereka mulai fokus dengan menjual emotional benefit, yang mengkomunikasikan bahwa sebenarnya anak-anak yang aktif bermain dan berani berkotor-kotoran itu berarti otak dan pertumbuhannya sedang berkembang serta berpotensi besar menjadi orang sukses.

Tahukah Anda dengan mengubah komunikasi ke customer ini, penjualan dari pembersih pakaian ini meningkat berkali lipat karena menyentuh hati si Ibu! Karena tentu semua Ibu mau anaknya sukses kan ya?

Ini adalah salah satu ide kreatif untuk meningkatkan penjualan dari bisnis pembersih pakaian. Tentunya Anda juga bisa menggunakan ide kreatif yang menonjolkan emotional benefit yang sesuai dengan bisnis Anda ya!

Untuk mendapatkan seluruh penjelasan lengkap tentang beyond WHAT dan emotional benefit dari Coach Yohanes G. Pauly, yuk klik disini!

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *