ekspansi bisnis

Pernah Coba Ekspansi Bisnis Tapi Gagal? Jangan-Jangan Anda Lakukan 5 Kesalahan ini!

ekspansi bisnis

Anda berencana untuk ekspansi bisnis? Tengah melakukan ekspansi namun “jalan di tempat” dan tidak memberikan hasil yang signifikan? Atau pernah mencoba ekspansi namun gagal dan rugi? Jangan-jangan Anda melakukan 5 kesalahan ini!

Ekspansi bisnis tapi…

Agar bisnis makin sukses dan berkembang, salah satu usaha yang dilakukan oleh banyak pemilik bisnis adalah dengan melakukan ekspansi bisnis.

Ekspansi bisnis ini bisa dalam berupa membuka cabang bisnis baru, atau dengan membuat bisnis dengan jenis industri yang berbeda dengan bisnis sebelumnya.

Banyak pemilik bisnis yang bermimpi untuk bisa melakukan ekspansi, namun kenyataannya sangat sedikit yang berhasil dan bisa sukses.

Hambatan yang dihadapi oleh pemilik bisnis saat ekspansi seperti selalu terjebak perang harga dengan kompetitor, tidak punya waktu untuk mengurus seluruh cabang bisnis sehingga bisnis performanya merosot, karyawan kinerjanya jelek, dan omzet tidak sebesar yang diharapkan.

Dan tidak jarang pemilik bisnis tersebut terpaksa untuk menutup cabang bisnis yang baru seumur jagung tersebut karena tidak sanggup untuk mengawasi dan mengembangkannya.

5 kesalahan ekspansi bisnis

Apa yang menjadi penyebab utama kenapa banyak ekspansi bisnis yang gagal? Apa yang harus dilakukan oleh pemilik bisnis yang baru akan memulai ekspansi? Apa pelajaran yang harus diperhatikan oleh pemilik bisnis yang sudah pernah ekspansi namun gagal?

Global Awards Winning Business Coach, Coach Yohanes G. Pauly menjelaskan bahwa salah satu rahasia untuk bisa sukses ekspansi bisnis adalah dengan menghindari 5 kesalahan yang sering tidak disadari oleh pemilik bisnis.

5 kesalahan ini berdampak fatal ke bisnis dan mengguncang kestabilan bisnis hingga bahkan membuat bisnis bisa gulung tikar

1. Tidak punya sistem praktis yang bisa diduplikasi ke seluruh bisnis

Kesalahan pertama dan yang paling banyak dilakukan atau tidak dimiliki oleh pemilik bisnis adalah tidak punya system praktis yang bisa berjalan untuk mengatur keseluruhan bisnis

Pertanyaan pertama pemilik bisnis saat akan memulai ekspansi bisnis biasanya adalah “Kapan waktu yang tepat untuk ekspansi? Bisnis yang sudah berapa lama jalan yang bisa ekspansi?”

“Padahal sebenarnya yang harus dipikirkan oleh pemilik bisnis adalah sudahkah bisnisnya punya sistem praktis yang terbukti bisa berjalan untuk mengatur bisnis? Jika jawabannya adalah tidak, maka tidak peduli sudah 5 atau 10 tahun bisnis berjalan, jangan dulu berpikir untuk ekspansi.” jelas Coach Yohanes G. Pauly.

2. Karyawan ala kadarnya

Ini yang paling sering dilupakan oleh pemilik bisnis, yaitu punya karyawan bagus dan berkualitas agar bisa membentuk SuperTEAM di bisnis.

Sebagai salah satu aset yang paling berharga di bisnis, banyak pemilik bisnis yang tidak tahu bagaimana cara mendapatkan karyawan yang berkualitas.

Mulai dari sistem rekrut karyawan, pemilik bisnis tidak tahu bagaimana cara agar calon karyawan bagus mau melamar di bisnis hingga cara agar karyawan yang direkrut sesuai dengan harapan.

Akibatnya, karyawan yang bekerja adalah karyawan yang jauh dari kualitas dan standar, sehingga menghambat perkembangan bisnis karena pemilik bisnis harus bekerja ekstra untuk mengawasi seluruh cabang bisnis.

Baca juga:

3. “Perang harga” menjadi satu-satunya cara mendapatkan omzet di Bisnis

Disaat pemilik bisnis akan melakukan ekspansi bisnis atau di bulan-bulan awal ekspansi, cara umum yang dilakukan oleh pemilik bisnis untuk bisa menarik calon customer dan mendapatkan omzet adalah dengan perang harga.

Dalam jangka waktu pendek, cara ini memang bisa dipakai untuk mendatangkan customer, tapi bagaimana dengan jangka panjang? Strategi ini malah akan membuat seluruh cabang bisnis rugi karena omzet yang didapat bahkan tidak mencukupi biaya operasional.

4. Tidak berani masuk dunia digital

Di masa serba digital ini, sudah sebuah keharusan bagi bisnis untuk hadir dan menjangkau calon customer melalui dunia digital.

Menggunakan dunia digital terutama digital marketing bukan berarti pemilik bisnis harus beriklan hingga ratusan juta. Salah satu langkah pertama dan paling mudah diterapkan oleh seluruh bisnis contohnya adalah dengan memastikan Bisnis Anda ‘ada’ dulu di dunia digital saat calon customer Anda itu mencari produk/jasa yang Anda jual di internet.

5. Sistem keuangan yang campur aduk

Tujuan untuk ekspansi bisnis salah satunya untuk meningkatkan omzet bisnis kan ya?

Bagaimana pemilik bisnis bisa tahu seberapa banyak omzet yang diterima masing-masing cabang bisnis kalau penghitungannya tidak jelas? Bagaimana mau membuat perencanaan masa depan bisnis kalau keuangan bisnisnya saja tidak jelas?

Mau kupas lebih dalam lagi tentang strategi ekspansi bisnis langsung dari pakarnya?

Yuk pelajari langsung 5 strategi ekspansi bisnis yang Profitable & AUTO-PILOT dari top 50 orang terkaya di dunia versi majalah Forbes, Hermanto Tanoko dan Global Awards Winning Business Coach, Yohanes G. Pauly di Indonesia Business Conference 2021!

Klik disini untuk info lebih lengkap!

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *