Mengembangkan Usaha

Awas! 4 Kesalahan Saat Mengembangkan Usaha yang Harus Dihindari!

Mengembangkan Usaha

Berencana ekspansi bisnis untuk mengembangkan usaha? Hindari 4 kesalahan yang sering dilakukan oleh pemilik bisnis yang dijelaskan oleh Global Awards Winning Business Coach ini!

Kesalahan mengembangkan usaha

Pertanyaan yang paling sering ditanyakan oleh pemilik bisnis saat akan melakukan ekspansi untuk mengembangkan usaha adalah “Kapan saat yang tepat untuk ekspansi? Harus tunggu berapa lama supaya bisa ekspansi?”

Namun ternyata menurut Global Awards Winning Business Coach, Coach Yohanes G. Pauly, ia menjelaskan bahwa disinilah kesalahan utama pemilik bisnis saat akan mengembangkan usaha.

Founder dan Master Coach di GRATYO® Practical Business Coaching itu melanjutkan bahwa mengembangkan usaha itu tidak ada hubungannya dengan berapa lama bisnis sudah berjalan, melainkan tentang seberapa stabil kondisi bisnis.

Banyak pemilik bisnis yang terlalu terburu-buru untuk mengembangkan bisnisnya padahal kondisi internal bisnis masih belum stabil. Akibatnya, usaha atau cabang yang baru dibuka tidak berjalan dengan maksimal dan ujung-ujungnya merugi.

Apa saja kesalahan lain yang harus dihindari oleh pemilik bisnis saat ingin ekspansi dan mengembangkan usaha? Yuk simak penjelasan lengkapnya!

1. Sistem hanya berpusat pada pemilik bisnis

Jika diibaratkan pencernaan pada tubuh manusia, sistem adalah yang mengatur bagaimana alur (flow) makanan akan dicerna, apa tanggung jawab dan tugas masing-masing organ, bagaimana ritme kerja antar organ, dan apa indikasi atau tanda bahwa organ tersebut bekerja dengan normal.

Kesalahan mengembangkan usaha yang sering menjebak pemilik bisnis adalah sistem di bisnis hanya ada di kepala si pemilik bisnis saja, tidak dipahami dan diterapkan oleh semua karyawan.

Sehingga disaat pemilik bisnis membuka cabang usaha baru, tidak ada sistem yang mengatur cabang tersebut. Pemilik bisnis terpaksa harus memilih akan fokus di cabang usaha yang mana dan perhatiannya terbelah.

Performa bisnis sangat buruk dan bahkan tidak sanggup bersaing melawan kompetitor dan ujung-ujungnya pemilik bisnis merugi.

2. Asal rekrut karyawan

Kesalahan kedua adalah pemilik bisnis tidak tahu cara rekrut karyawan yang benar sehingga karyawan yang direkrut untuk mengembangkan bisnis adalah asal-asalan.

“Sebagai salah satu aset paling penting di bisnis, karyawan yang direkrut haruslah orang-orang yang berkualitas dan memenuhi kualifikasi yang dibutuhkan.” ucap Coach Yohanes G. Pauly.

Pemilik bisnis harus memperbaiki cara mengembangkan bisnis yaitu dengan memperbaiki ke akar permasalahan, yaitu sistem rekrut yang tepat. Pemilik bisnis saat melakukan rekrut karyawan harus mempertimbangkan soft skill, tidak hanya hard skill semata.

Baca juga:

3. Terlalu menjual functional benefit

Kesalahan terbesar saat mengembangkan usaha yang sangat sering dijumpai adalah terlalu menjual functional benefit kepada calon customer.

Pemilik bisnis ingin agar usaha atau cabang barunya tersebut ramai dibeli oleh customer, sehingga ia hanya menjual apa saja kelebihan fungsional. Padahal seharusnya yang dilakukan oleh pemilik bisnis adalah dengan menjual kelebihan emosional yang menyentuh ke hati calon customer.

Coach Yohanes G. Pauly menjelaskan bahwa kesalahan cara mengembangkan usaha dengan menjual functional benefit ini hanya akan membawa pemilik bisnis pada perang harga yang tidak berkehabisan.

4. Suntik dana melulu

Tujuan pemilik bisnis melakukan ekspansi salah satunya tentu untuk mendapatkan omzet yang besar.

Tapi bagaimana jadinya jika pemilik bisnis sudah bersusah payah untuk ekspansi, tapi ternyata harus suntik dana setiap bulannya? Dan ternyata penyebabnya adalah karena pemilik bisnis yang tidak tahu bagaimana cara untuk mengatur keuangan di bisnis!

Pemilik bisnis terlalu fokus dengan cara mengembangkan usaha di bidang marketing, tapi sering lupa dengan pentingnya pembukuan keuangan dan cash flow di bisnis. Padahal jika pembukuan keuangan dan cash flow tidak jelas dan berantakan, pemilik bisnis tidak akan bisa memproyeksikan kesehatan dan perencanaan masa depan bisnis.

Mau belajar strategi ekspansi dan mengembangkan usaha dari ahlinya? Yuk ikut Indonesia Business Conference bersama Hermanto Tanoko dan Coach Yohanes G. Pauly!

Klik disini untuk dapatkan info lengkapnya!

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *