Strategi marketing

GRATYO Marketing Pyramid: Rahasia Strategi Marketing untuk Ekspansi Bisnis

Strategi marketing

Rahasia strategi marketing dari bisnis yang sukses ekspansi dan raup omzet berkali lipat, dengan terapkan strategi GRATYO Marketing Pyramid ini di bisnis Anda!

Strategi marketing untuk ekspansi bisnis

Jika Anda ingin ekspansi bisnis, salah satu yang harus Anda pikirkan adalah strategi marketing apa yang akan Anda terapkan agar cabang ekspansi ini bisa sukses dan bahkan melebihi bisnis sebelumnya.

Tanpa strategi marketing yang matang dan tepat, bisnis akan sepi customer, penjualan rendah, dan bahkan selalu terjebak perang harga dengan kompetitor.

Pertanyaannya, strategi marketing seperti apa yang sebaiknya dilakukan oleh pemilik bisnis yang akan melakukan ekspansi bisnis atau sedang melakukan ekspansi?

Global Awards Winning Business Coach, Coach Yohanes G. Pauly menjelaskan agar ekspansi bisnis bisa berhasil dan diantri customer, pemilik bisnis bisa menggunakan strategi GRATYO® Marketing Pyramid:

1. Specific WHO

Yang pertama dari GRATYO® Marketing Pyramid adalah pemilik bisnis harus menentukan siapa target utama atau specific WHO yang akan disasar.

Kebanyakan pemilik bisnis jika ditanya siapa target utama bisnis, jawabannya adalah “semuanya!” padahal seharusnya ada kriteria yang menentukan siapa target bisnis.

Waktu, tenaga, dan uang yang pemilik bisnis miliki terbatas, apalagi jika pemilik bisnis tersebut sedang melakukan ekspansi. Waktu, tenaga, dan uang tersebut akan terbagi antara bisnis sebelumnya dengan bisnis yang akan dibuka.

Oleh karena itu, tentukan siapa target market yang sangat spesifik agar waktu, tenaga, dan uang bisa difokuskan ke target market tersebut.

Coach Yohanes G. Pauly mengibaratkan target spesifik atau specific WHO dengan menembak burung yang terbang dengan peluru terbatas. Tentunya dengan peluru terbatas tidak semua burung akan ditembak.

2. Relevant WHERE

Setelah mendapatkan who yang spesifik, langkah berikutnya yaitu relevant WHERE. Pemilik bisnis harus menentukan lokasi yang tepat untuk membuka cabang bisnis baru, menentukan dimana target market ini biasa berkumpul.

Ibaratkan seperti menembak burung tadi, pemilik bisnis sudah tahu jenis burung yang akan ditembak, bisa jadi jenis burung tersebut paling banyak ditemui di pohon X. Bila menembakkan peluru ke pohon tersebut, kemungkinan lebih banyak burung yang kena peluru.

“Kan kita sudah dapat target calon pembeli tertentu, selanjutnya kita harus tentukan dimana tempat yang paling banyak kita temui target pembeli tersebut. Sosial media apa yang lebih sering mereka gunakan? E-commerce apa yang lebih banyak mereka gunakan?” jelas Coach Yohanes G. Pauly.

Baca juga:

3. Beyond WHAT

Coach Yohanes G. Pauly yang juga Founder dan Master Coach di GRATYO® Practical Business Coaching menjelaskan bahwa dalam menjalankan strategi marketing tidak cukup hanya dengan menjual produk atau barang yang bagus saja.

Pemilik bisnis harus menjual beyond WHAT dengan menciptakan persepsi yang baik atas produk atau jasa dimata calon customer.

“Mulai dari harga Rp 100.000 bahkan lebih murah, kita sudah bisa membeli jam tangan yang fungsinya adalah untuk menunjukan waktu kan? Lalu kenapa ada jam tangan yang harganya bisa ratusan juta hingga miliaran padahal fungsinya sama dengan jam tangan Rp 100.000?” ujar Coach Yohanes G. Pauly.

Jawabannya adalah karena yang ditonjolkan bukan functional benefit melainkan emotional benefit yang menjual ke sisi emosional dan menyentuh hati customer.

Jam tangan seharga ratusan juta itu bisa bicara mengenai persepsi tentang nilai dan gaya hidup, sejarah, identitas diri atau kepribadian. Makanya harganya bisa jauh lebih tinggi daripada jam tangan yang hanya menjual functional benefit.” tutup Coach Yohanes G. Pauly.

Oleh karena itu, agar strategi marketing yang diterapkan saat ekspansi bisnis bisa mendatangkan banyak calon customer tanpa perang harga, pemilik bisnis harus mulai fokus dengan menjual emotional benefit dibandingkan functional benefit.

Ingin tahu 3 strategi marketing lain di GRATYO Marketing Pyramid untuk membuat bisnis Anda ramai diantri customer dan ekspansi bisnis makin berkembang?

Anda bisa pelajari seluruh rahasia ekspansi bisnis bersama Coach Yohanes G. Pauly mulai dari cara datangkan calon customer hingga membuat sistem yang jalan dan bisa diduplikasi di seluruh bisnis hanya di Indonesia Business Conference!

Dapatkan info selengkapnya dengan klik disini atau hubungi ke WA +62 817 1717 4545.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *