sistem bisnis perusahaan

Ini Sistem Bisnis Perusahaan yang Telah Sukses Ekspansi!

sistem bisnis perusahaan

Anda punya banyak cabang bisnis tapi sistemnya tidak ada yang jalan? Kenapa tidak coba belajar dari sistem bisnis perusahaan yang telah sukses kembangkan banyak cabang di bisnis dan terapkan di bisnis Anda?

Sistem bisnis perusahaan sukses

Pernahkah terlintas pertanyaan di benak Anda bagaimana sistem yang diterapkan oleh perusahaan atau bisnis yang sudah punya banyak cabang? Apa yang perusahaan atau bisnis tersebut lakukan agar sistem bisa berjalan tanpa harus selalu diatur oleh pemilik bisnis atau CEO secara langsung?

Jika Anda juga punya banyak cabang bisnis, atau berniat untuk membuka cabang bisnis namun masih tidak tahu langkah atau strategi yang tepat untuk membuat sistem yang berjalan, yuk simak sistem bisnis perusahaan sukses dari Global Awards Winning Business Coach, Coach Yohanes G. Pauly untuk dicoba terapkan di bisnis Anda!

1. Buat business flow yang jelas dan aplikatif

Langkah pertama yang menjadi kunci keberhasilan dari sistem bisnis perusahaan adalah ada business flow dan business process yang jelas dan berjalan di bisnis, yaitu dari ujung awal hingga ke ujung akhir bisnis.

Sangat penting bagi setiap bisnis untuk memiliki business flow yang jelas agar tidak terjadi miscommunication di internal bisnis sehingga bisa meminimalisir potensi terjadinya kesalahan.

2. Struktur organisasi yang tidak hanya di kertas

Coach Yohanes G. Pauly menjelaskan sesudah membuat business flow yang berjalan di bisnis, pemilik bisnis harus menentukan siapa yang bertanggung jawab pada masing-masing flow dalam bentuk organization structure atau organization chart.

Banyak pemilik bisnis yang menganggap organization structure hanyalah formalitas saja. Padahal organization structure yang berantakan akan menyebabkan internal bisnis kacau karena tidak jelas siapa yang bertanggung jawab.

Poin penting dari organization chart adalah dengan organization chart yang benar dan sistematis, pemilik bisnis akan sadar bahwa sebenarnya ia punya banyak karyawan dan pekerjaan masing-masing karyawan tidak jelas harus apa. Atau ia akan sadar bahwa ternyata selama ini hampir seluruh pekerjaan ia yang kerjakan sendiri.

3. Mekanisme kerja antar divisi

Rahasia sistem bisnis perusahaan sukses adalah ada sebuah mechanism, yaitu setelah berhasil membuat flow di tubuh bisnis dan membuat team/divisi apa saja yang bertanggung jawab pada masing-masing flow, ada sebuah mekanisme kerjasama antar team sehingga menghasilkan proses yang sistematis.

Coba bayangkan jika antar team tidak memiliki ritme yang sesuai, pemilik bisnis akan kewalahan untuk mengurus seluruh cabang bisnisnya dan seluruh waktunya akan habis untuk mengurus masing-masing divisi saja.

Baca juga:

4. Punya rapor kerja karyawan

Jika sudah memiliki business flow, sudah menentukan tanggung jawab tiap team dan menentukan mekanisme kerja antar team, ini adalah salah satu langkah yang banyak pemilik bisnis tidak terapkan.

Alasan kenapa perusahaan atau bisnis makin sukses adalah karena punya sistem yang mengatur dan memonitoring kinerja karyawan. Bagaimana caranya? Yaitu dengan menggunakan Key Performance Indicator & Monitoring (KPIM).

Beda KPIM dengan Key Performance Indicator (KPI) adalah ada sistem monitoring dimana pemilik bisnis akan dapat melihat dengan mudah karyawan mana yang bekerja dengan baik dan mana yang performanya kurang baik. Bahkan pemilik bisnis juga akan bisa menilai dan membandingkan kinerja dari setiap karyawan dari berbagai divisi.

Inilah kenapa perusahaan dan bisnis bisa sukses, karena sistem bisnis perusahaan juga memberikan fokus pada penilaian kinerja karyawan. Pemilik bisnis bisa memantau sebagus apa kinerja karyawan dari setiap cabang bisnis dengan rapor karyawan ini.

5. Rambu dan laporan rutin

Setelah memiliki rapor karyawan dan tahu karyawan mana yang kinerjanya bagus, pemilik bisnis bisa mengetahui rambu-rambu kondisi bisnis berdasarkan laporan yang dibuat oleh karyawan.

Jika di laporan ternyata ada indikator yang menunjukan kondisi yang tidak baik, pemilik bisnis bisa cepat tanggap membuat langkah strategis yang harus dilakukan kedepannya.

Jika Anda ingin belajar rahasia membuat sistem untuk bisa ekspansi bisnis, ayo bergabung di Indonesia Business Conference yang akan membahas “5 Strategi Fundamental Ekspansi Bisnis yang Profitable, dan AUTO-PILOT”.

Belajar dan tanya jawab langsung dengan Hermanto Tanoko, Top 50 orang terkaya di Indonesia versi majalah Forbes. Workshop dan di-coaching langsung oleh Coach Yohanes G. Pauly, Global Awards Winning Business Coach.

Klik disini untuk info lengkapnya!

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *