Membuka Cabang Usaha Baru

5 Strategi Membuka Cabang Usaha Baru ini Wajib Anda Tahu Sebelum Ekspansi Bisnis!

Membuka Cabang Usaha Baru

Anda sudah bertahun-tahun berbisnis dan berencana membuka cabang usaha baru? Yuk simak 5 strategi ini sebelum melakukan ekspansi bisnis agar cabang usaha yang Anda buka bisa sukses dan tidak merugi!

Keinginan semua pebisnis

Entrepreneur mana yang tidak ingin melakukan ekspansi ke berbagai cabang bisnis?

Salah satu contoh entrepreneur yang sukses ekspansi bisnis adalah Hermanto Tanoko, Top 50 orang terkaya di Indonesia versi majalah Forbes dan Founder Tancorp yang membawahi 92 perusahaan dengan 300 lebih brand. Salah satu brand yang berada di bawah Tancorp ini adalah Cat Avian, yang merupakan brand cat terbesar di Indonesia.

Bisnis Cat Avian ini awalnya dibangun oleh ayahnya, yang kemudian Hermanto Tanoko bergabung untuk membesarkan bisnis ini.

Setelah bisnis Cat Avian stabil dan mendominasi pasar cat di Indonesia, Hermanto Tanoko kemudian membuka cabang usaha baru di berbagai industri berbeda seperti consumer goods, property, hospitality, healthy, lifestyle, distribution, hingga cafe and resto.

Tips membuka cabang usaha baru

Apa rahasia Hermanto Tanoko dan para pemilik bisnis lain bisa sukses membuka cabang usaha baru? Apa saja yang harus dilakukan oleh pemilik bisnis saat akan membuka cabang usaha baru agar bisa sukses dan ramai customer?

Mengutip penjelasan Global Awards Winning Business Coach, Coach Yohanes G. Pauly, ia menjelaskan bahwa jika pemilik bisnis ingin membuka cabang usaha baru, ada 5 strategi yang harus diterapkan:

1. Sistem yang praktis dan bisa diduplikasi

Strategi pertama dan yang sangat penting diterapkan sebelum membuka cabang usaha baru adalah pemilik bisnis harus punya sistem yang praktis dan bisa diterapkan di seluruh cabang baru.

Pemilik bisnis harus memastikan bahwa bisnis yang ia miliki saat ini punya sistem yang berjalan sebelum membuka usaha baru.

“Bagaimana mau ekspansi dan buka bisnis baru jika 1 bisnis yang tengah berjalan saja tidak punya sistem? Yang ada pemilik bisnis malah kelimpungan karena tidak ada bisnis yang bisa ditinggalkan.” ucap Coach Yohanes G. Pauly.

Salah satu rahasia membuat sistem yang berjalan dan bisa diduplikasi menurut Coach Yohanes G. Pauly adalah dengan melalui 8 langkah bangun sistem: SMARTER Business Goals, Business Strategy, Flowism, Organism, Mechanism, Quantification, Elimination, dan Automation.

2. Punya SuperTEAM dan sistem rekrut karyawan bagus

“2 aset terbesar di bisnis adalah great brand dan right people. Dengan right people, pemilik bisnis bisa membuat sebuah great brand dan membawa bisnis ke level yang lebih tinggi.” jelas Coach Yohanes G. Pauly.

Untuk bisa memiliki right people dan membangun SuperTEAM di bisnis, langkah awalnya adalah pemilik bisnis harus tahu cara rekrut karyawan yang tepat.

Karena jika tidak, pemilik bisnis akan kesulitan untuk membuka cabang usaha baru disebabkan karyawan yang tidak mumpuni dan tidak mampu membantu pemilik bisnis menjalankan bisnis.

Rahasia untuk bisa merekrut karyawan yang tepat adalah dengan menggunakan GRATYO Power Recruitment (GPR) yang digagas oleh Coach Yohanes G. Pauly.

Sistem rekrutmen ini menitikberatkan untuk menggali dimensi soft skill calon karyawan sehingga nantinya pemilik bisnis bisa mendapatkan karyawan yang tepat (right people), di waktu yang tepat (right time), dan di tempat yang tepat (right place).

Baca juga:

3. Marketing anti perang harga

Tentunya agar cabang usaha yang dibuka bisa sukses dan meraup omzet yang besar, pemilik bisnis harus punya strategi marketing untuk menarik customer beli tanpa perang harga.

Dan yang lebih penting lagi, strategi marketing ini tidak boleh “kanibal”, yaitu strategi yang bukannya menarik customer baru untuk beli, tapi malah menarik customer dari bisnisnya yang lain, sehingga antar bisnisnya malah saling bersaing mendapatkan customer.

4. Kuasai digital marketing

Dunia revolusi internet sekarang ini memaksa pemilik bisnis untuk bisa menguasai dunia digital marketing. Dunia digital marketing ini tidak harus dengan beriklan, pemilik bisnis bisa memanfaatkan dunia digital seperti sosial media dan website untuk mengenalkan cabang usahanya ke calon customer.

Misalnya saja dengan membuat website yang berisi informasi produk atau jasa, atau info ringan kepada calon customer. Atau juga bisa dengan membuat akun sosial media sehingga cabang bisnis baru tersebut bisa menjangkau pasar yang lebih luas.

5. Keuangan yang terencana

Apa tujuan pemilik bisnis membangun bisnis hingga membuat cabang bisnis baru? Untuk mendapatkan omzet yang besar!

Nah tentunya untuk mendapatkan omzet yang besar juga harus diimbangi dengan kemampuan pemilik bisnis dalam membuat perencanaan keuangan yang sesuai kebutuhan dan kondisi bisnis.

Meskipun bisa menggunakan jasa financial advisor atau merekrut karyawan bidang finance, namun tentunya pemilik bisnis sebagai kapten kapal harus bisa membuat perencanaan keuangan agar jelas alokasi pendapatan dan pengeluarannya.

Yuk belajar rahasia ekspansi bisnis langsung dari pakarnya, bersama Hermanto Tanoko, Founder of Tan Corp dan Forbes Top 50 Richest in Indonesia dan Coach Yohanes G. Pauly, Global Awards Winning Business Coach dan Founder GRATYO Group Companies.

Dapatkan info lengkapnya dengan klik disini.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *