strategi berbisnis

Strategi Berbisnis Saat Ekspansi agar Punya Sistem yang Jalan

strategi berbisnis

Ini strategi berbisnis yang harus diterapkan pemilik bisnis saat ekspansi agar sistem bisnis bisa berjalan, karyawan bekerja sesuai dengan harapan dan bisnis bisa naik level yang lebih tinggi.

Ekspansi tapi tidak punya sistem

Bagaimana jadinya jika saat ekspansi bisnis, tidak ada satupun cabang bisnis yang bisa Anda tinggal? Anda harus konsisten datang dan mengatur bisnis secara langsung? Belum lagi karyawan Anda performanya tidak seperti yang Anda harapkan. Anda seperti mau “belah diri” saja karena semua serba Anda.

Tentu tidak ada satupun pemilik bisnis yang mau hal tersebut terjadi saat sedang ekspansi bukan?

Lalu strategi berbisnis seperti apa yang harus dilakukan oleh pemilik bisnis agar ekspansi yang dilakukan bisa berhasil tanpa harus selalu dikontrol langsung oleh pemilik bisnis?

Strategi berbisnis saat ekspansi

Global Awards Winning Business Coach, Coach Yohanes G. Pauly menjawab pertanyaan pemilik bisnis tersebut melalui live di akun Instagramnya @YohanesGPauly.

Ia menjawab bahwa strategi berbisnis yang sangat krusial saat melakukan ekspansi bisnis adalah bisnis pertama yang sedang dikelola harus punya sistem yang berjalan dulu. Jika bisnis yang pertama ini masih belum punya sistem yang berjalan, maka jangan gegabah untuk ekspansi.

Menurutnya, dalam melakukan ekspansi, pemilik bisnis cenderung untuk menduplikat sistem yang ia terapkan di bisnis yang pertama.

Nah jika sistem yang diterapkan di bisnis pertama saja masih belum berjalan, bagaimana bisa diduplikasi? Jika dipaksa untuk duplikasi ke cabang bisnis baru, sistem tersebut tidak akan berjalan, karena sistem yang diterapkan sudah salah sejak awal.

Baca juga:

Oleh karena itu, Founder dan Master Coach di GRATYO Practical Business Coaching ini menjelaskan bahwa pemilik bisnis harus memperbaiki sistem di bisnis yang pertama dulu.

Jika sistem di bisnis pertama sudah berjalan dan pemilik bisnis tidak lagi harus terjun langsung mengontrol bisnis selama 24 jam, baru pemilik bisnis bisa mengambil ancang-ancang untuk ekspansi.

Coach Yohanes G. Pauly menilai bahwa banyak pemilik bisnis yang tergesa-gesa dan ingin langsung ekspansi bisnis, dan inilah yang menjadi jurang penyebab banyak ekspansi bisnis yang gagal.

Mau dapatkan penjelasan lebih lengkap tentang strategi berbisnis saat ekspansi dari Coach Yohanes G. Pauly? Klik disini!

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *