analisa pasar

Mau Gabung Dunia Saham? Belajar Baca Analisa Pasar Saham dari Ellen May Ini!

analisa pasar

Anda berencana masuk ke dunia saham? Yuk pelajari dulu 3 langkah dasar dan cara analisa pasar saham dari pakar saham dan Founder Emtrade, Ellen May ini.

Pakarnya saham

Seiring berkembangnya waktu, publik makin teredukasi dan melek dengan pasar saham. Informasi dan ilmu seputar saham, jual beli saham, dan analisa pasar saham sangat mudah untuk didapatkan.

Saham memberikan janji dan harapan besar bagi mereka yang bergabung karena menjanjikan keuntungan berlipat dengan usaha yang minimal.

Jika Amerika punya Warren Buffet sebagai pakar saham, Indonesia punya Ellen May yang juga sering berbagi ilmu tentang dunia saham ini.

Ellen May merupakan Founder dari Emtrade dan aktif di dunia saham sejak tahun 2006. Kisah awal Ellen May terjun ke dunia saham karena bermodalkan penasaran. Ia kemudian belajar saham secara otodidak dan mencoba mencontoh apa yang orang lain lakukan.

Karena tidak sepenuhnya fokus dalam saham, keuntungan yang diterima Ellen May tidak lah maksimal. Meskipun begitu, Ellen May merasa bahwa dunia saham sangat menjanjikan jika dipelajari dengan sepenuhnya.

Di tahun 2007 ia mendapatkan untung yang sangat besar. Namun keuntungan yang didapat oleh Ellen May di dunia saham tidak berlangsung lama. Di tahun 2008 ia merugi dengan  jumlah yang cukup besar.

Ellen May mengakui salah satu faktor penyebab kerugiannya adalah karena tidak bisa membaca dan analisa pasar dengan cermat.

Pil pahit yang diterima bukannya membuat Ellen May mundur dan kapok dengan dunia saham, malah hal tersebut menjadi titik balik hidupnya, Ia makin makin mengasah kemampuan dengan belajar baik melalui buku-buku saham, ahli dan pakar saham baik dari Indonesia maupun pakar saham dari luar negeri.

Ia terus belajar bagaimana melakukan analisa pasar saham, faktor-faktor yang harus dipertimbangkan saat membeli saham, dan komponen detail lainnya.

Kecintaannya di dunia saham dan ingin membantu rekan lain di dunia saham, Ellen May lalu menulis buku saham yang berjudul “Smart Traders Not Gamblers” dan “Smart Trader Rich Investor”.

Rahasia analisa pasar saham

Ellen May saat berbincang bersama Global Awards Winning Business Coach, Coach Yohanes G. Pauly, menceritakan bagaimana awal ia memutuskan untuk terjun di dunia pasar saham dan apa yang harus diperhatikan oleh saat akan menanam saham.

Ia menjelaskan bahwa setidaknya ada 3 langkah dasar yang harus diperhatikan sebelum masuk ke dunia saham:

1. Tahu kapan akan beli, jual, dan apa saham yang akan dipilih

Langkah dasar pertama adalah harus melakukan analisa pasar saham dulu, misalnya saham apa yang akan dibeli, berapa harga saham yang akan dibeli, seperti apa prospek bisnis dari perusahaan tersebut.

Ini adalah langkah pertama dalam analisa pasar yang benar-benar harus diperhatikan. Jika tidak, investor saham ini malah bisa rugi dan kehilangan uang.

Baca juga:

2. Manajemen resiko

Langkah kedua adalah harus paham dengan manajemen resiko. Investor saham harus tahu bahwa meskipun ia melakukan cara yang persis sama dengan yang dilakukan oleh investor lain, belum tentu hasilnya akan sama.

Salah satu faktor yang menyebabkan berbeda adalah karena jumlah saham yang dibeli. Makin besar saham yang dibeli, makin besar peluang untung, dan makin besar pula peluang untuk rugi.

Ingin belajar lebih lanjut tentang dunia saham dari Ellen May? Yuk simak video lengkap Ellen May bersama Coach Yohanes G. Pauly dengan klik disini.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *