Cara Meningkatkan Kinerja Karyawan

Cara Meningkatkan Kinerja Karyawan Agar Bekerja Sesuai Harapan

Cara Meningkatkan Kinerja Karyawan

Terapkan 3 cara meningkatkan kinerja karyawan ini agar punya SuperTEAM di bisnis yang bekerja seperti harapan dan bawa bisnis Anda ke next level!

Karyawan bikin heart eating

Anda punya banyak karyawan tapi kinerjanya jauh dibawah harapan? Kalau tidak Anda yang dorong, karyawan tidak akan bekerja? Eh sekalinya bekerja, kerjanya asal-asalan dan Anda terpaksa mengerjakan ulang pekerjaan karyawan Anda?

Ini adalah permasalahan klasik yang dirasakan hampir seluruh pemilik bisnis yang tidak tahu bagaimana cara meningkatkan kinerja karyawan agar bekerja sesuai dengan harapan. Punya karyawan bukannya meringankan beban, tapi malah menambah beban. Bikin heart eating alias makan hati!

Cara meningkatkan kinerja karyawan

Tentunya Anda tidak mau kan punya karyawan tapi hanya menjadi beban saja? Sudah bayar gaji mereka mahal-mahal tapi tidak memberikan kontribusi apa-apa di bisnis.

Anda harus ubah karyawan Anda menjadi SuperTEAM, yaitu aset berharga di bisnis yang punya kinerja, performa, dan inisiatif tinggi sehingga bisa membawa bisnis ke level yang lebih tinggi.

Lalu bagaimana cara meningkatkan kerja karyawan agar bisa menjadi SuperTEAM di Bisnis? Yuk pelajari caranya dari video yang dibahas oleh Coach Yohanes G. Pauly diatas!

Anda bisa menerapkan 3 strategi agar bisa punya SuperTEAM di bisnis:

1. Punya rapor karyawan

Jika Anda punya anak yang sedang dalam masa sekolah, apakah Anda setiap hari selalu datang ke sekolah untuk mengamati anak Anda dari pagi hingga jam pulang agar tahu kalau anak Anda belajar?

Tentu tidak! Karena Anda bisa melihat hasil belajar anak Anda dari nilai rapor yang dibagikan setiap semester. Dari rapor itulah Anda bisa tahu apakah anak Anda belajar sungguh-sungguh atau main-main saja.

Begitu juga dengan karyawan! Cara meningkatkan kinerja karyawan yang pertama adalah dengan membuat rapor karyawan dalam bentuk Key Performance Indicator & Monitoring (KPIM).

Mungkin banyak pemilik bisnis yang membuat Key Performance Indicator (KPI), namun bedanya dengan KPIM adalah adanya monitoring.

Maksudnya adalah setiap bulannya akan diurutkan siapa yang nilai KPIM-nya tertinggi dan terendah. Seluruh karyawan harus melihat urutan tersebut dan tentunya karyawan yang punya nilai KPIM terendah harus intropeksi diri dan bekerja lebih baik agar tidak dibawah lagi.

Normalnya, jika karyawan Anda berada di posisi bawah, ia akan merasa malu dan intropeksi dirinya agar bekerja lebih optimal supaya tidak berada di posisi bawah lagi.

Baca juga:

2. Buat R&C sebagai aturan main

Salah satu cara meningkatkan kinerja karyawan yang paling efektif adalah bisnis harus punya aturan main yang jelas untuk karyawan yang kinerjanya dibawah ekspektasi.

Maksudnya, pemilik bisnis harus menerapkan Rewards & Consequences (R&C). Jika karyawan berhasil mencapai atau bahkan melebihi target yang telah ditetapkan, maka karyawan tersebut akan mendapat rewards, misalnya saja dengan tambahan bonus atau bentuk lainnya.

Sedangkan jika karyawan kinerjanya tidak mencapai target, maka ia harus menerima consequences. Ingat, konsekuensi ini bukan dalam bentuk fisik, misalnya dengan tidak menerima bonus di bulan terkait.

Dengan menerapkan R&C di bisnis, karyawan Anda akan terpacu dan bersemangat saat bekerja agar tidak menerima consequences.

3.  Terapkan To Achieve List (TAL)

TAL merupakan singkatan dari To Achieve List. Lalu apa bedanya To Achieve List dengan To Do List? Praktisnya, To Do List hanya berfokus pada apa yang akan dikerjakan, sedangkan To Achieve List adalah kumpulan tugas dan pekerjaan yang harus dilakukan oleh masing-masing karyawan lengkap dengan tanggal pekerjaan tersebut sudah harus selesai.

Lalu apa hubungannya antara TAL dengan cara meningkatkan kinerja karyawan? Rahasianya adalah dengan melengkapi TAL dengan WWW yaitu what, who dan when. Fokus tugas apa yang akan dikerjakan (what), siapa yang harus melakukan (who), dan kapan akan selesai dilakukan (when). Inilah yang membedakan TAL dengan To Do List dan berperan penting dalam meningkatkan kinerja karyawan.

Untuk mengetahui cara meningkatkan kinerja karyawan secara lengkap, Anda bisa klik disini

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *