gaya kepemimpinan

Rahasia Bisnis Sukses & Bebas Skandal! Kuasai 5 Gaya Kepemimpinan ini!

gaya kepemimpinan

Mau bisnis sukses, omzet meningkat, karyawan dengan performa bagus dan jauh dari skandal serta konflik di bisnis? Yuk simak 5 gaya kepemimpinan di bisnis yang harus Anda punya!

Gaya kepemimpinan di bisnis

Anda setuju jika gaya kepemimpinan seorang pemilik bisnis sangat menentukan arah dan kesuksesan sebuah bisnis?

Bayangkan jika pemilik bisnis punya gaya kepemimpinan yang otoriter, suka marah-marah, dan membentak karyawan! Kemungkinan banyak karyawan yang tidak betah, banyak skandal, sehingga kondisi internal bisnis tidak sehat.

Tapi bagaimana jika pemilik bisnis punya gaya kepemimpinan yang demokratis namun tegas? Tentu dampaknya juga akan berbeda ke bisnis dan membawa bisnis makin melaju cepat.

Mengutip dari percakapan dengan Global Awards Winning Business Coach, Coach Yohanes G. Pauly, ada 5 gaya kepemimpinan yang harus pemilik bisnis kuasai yang disebutnya dengan CODE 00:01, yaitu:

1. Charismatic Leadership

Sebagai seorang leader, pemilik bisnis haruslah memiliki karisma yang menginspirasi team. Seorang pemimpin adalah panutan, oleh karena itu pemilik bisnis haruslah menunjukkan kepada team ia punya pemikiran positif, mencari peluang dan membuat strategi agar bisnis makin berkembang.

“Jika Anda sebagai leader tidak mempunyai keyakinan di bisnis, tidak mencari solusi dan tidak beradaptasi untuk kondisi, jangan berekspektasi tinggi terhadap team karena mereka juga akan melakukan hal yang sama.” jelas Coach Yohanes G. Pauly.

2. Online Management

Seorang pemilik bisnis haruslah bisa menjalin komunikasi dengan jelas dan dua arah kepada team-nya, baik secara tatap muka maupun secara online.

Coach Yohanes G. Pauly yang meraih Peringkat No. 1 Business Coach di Tingkat Dunia ini mengatakan bahwa pemilik bisnis harus memiliki skill komunikasi yang bagus agar pesan yang ia sampaikan dipahami oleh team. Kemudahan akses agar team bisa menjangkau pemilik bisnis juga merupakan aspek yang sangat penting agar komunikasi tidak terputus.

Baca juga:

3. Democratic Communication

Gaya kepemimpinan lainnya yang wajib dimiliki pemilik bisnis adalah mampu untuk menciptakan team yang proaktif dalam menyampaikan pendapat dan berdiskusi untuk mendapatkan solusi. Pemilik bisnis tidak bisa gegabah dan menganggap bahwa keputusannya lah yang paling benar.

“Salah satu tujuan punya team agar bisa bertukar pikiran kan ya? Buat apa punya team kalau semua ide dan solusi Anda sendiri yang memikirkan? Oleh karena itu Anda sebagai leader nya harus bisa membuat team untuk kontribusi dalam diskusi dan berikan ide-ide gila di bisnis.” ucap Coach Yohanes G. Pauly.

4. Empathic Listening

“Menjadi leader bukan hanya didengarkan, tapi lebih penting lagi adalah mendengarkan. Anda harus belajar lebih dulu untuk mengerti sebelum dimengerti. Sayangnya ini adalah poin yang sering sekali dilewatkan oleh para pemilik bisnis.” jelas Coach Yohanes G. Pauly.

5. 00:01

“00:01 adalah tanda waktu yang menunjukkan hari baru. Demikian juga dengan kepemimpinan atau leadership. Anda wajib melatih diri dengan mindset, skillset dan actionset yang baru.” tutup Coach Yohanes G. Pauly.

Sudahkah Anda memiliki gaya kepemimpinan CODE 00:01 ini di bisnis?

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *