bisnis yang menguntungkan

Johnny the Kwetiau Man: Kesalahan Bangun Bisnis yang Menguntungkan Tapi Tidak AUTO-PILOT

bisnis yang menguntungkan

Kisah hampir semua pemilik Bisnis! Johnny the Kwetiau Man, seorang ayah yang terpaksa mengorbankan keluarga karena bangun bisnis yang menguntungkan (profitable) tapi tidak AUTO-PILOT.

Johnny the Kwetiau Man: kisah hampir semua pebisnis

Johnny memulai bisnis kwetiau-nya dengan modal pas-pasan dan jualan di trotoar jalan. Karena kegigihannya berjualan, bisnis kwetiau kecil ini kemudian berkembang dan laris dibeli oleh customer.

Karena jumlah customer yang makin meningkat dan omzet yang makin besar, Johnny kemudian menyewa sebuah ruko dan berani untuk merekrut karyawan untuk membantunya bekerja.

Tujuan awal agar pekerjaannya lebih ringan, ternyata kinerja karyawan tersebut sangat jauh dibawah harapan Johnny. Belum lagi customer yang hanya mau jika kwetiaunya dimasak oleh Johnny sendiri.

Makin banyak customer, makin sibuk pula Johnny. Uang yang didapat makin banyak, namun waktu istirahat dan waktu luang bersama keluarga makin bahkan nyaris tidak ada.

Setiap kali kedua anak Johnny, yaitu Romeo dan Juliet minta untuk ditemani bermain atau menghadiri pementasan di sekolah, Johnny selalu menolak dengan alasan sibuk.

Waktu terus berlalu hingga Romeo dan Juliet beranjak dewasa dan kuliah di luar negeri. Bisnis Johnny pun juga makin berkembang menjadi bisnis yang menguntungkan. Johnny makin luar biasa sibuknya, makin tidak ada waktu bahkan untuk makan siang karena selalu di depan kuali untuk memasak kwetiau.

Hingga suatu hari, Johnny mendapat telepon dari rumah sakit di luar negeri yang mengabarkan bahwa anaknya, Romeo, overdosis narkoba dan tidak bisa diselamatkan.

Johnny hanya bisa berurai air mata dan menyesali masa lalu. Andai ia bisa punya waktu luang bersama anaknya, tentu hal ini tidak terjadi. Andai ia tidak sibuk di bisnis, tentu ia bisa menjadi sosok orang tua yang selalu hadir dan mengayomi anaknya.

Bisnis yang dibangun dengan tujuan bisa menopang hidup keluarga, malah merenggut hidup anaknya sendiri.

Seperti ribuan pemilik bisnis lain, Johnny berhasil membangun bisnis yang menguntungkan dan profitable, tapi Johnny gagal membangun bisnisnya menjadi AUTO-PILOT.

Rahasia bangun bisnis yang menguntungkan (profitable) dan AUTO-PILOT

Jangan tunggu punya kisah yang sama dengan Johnny! Bangun bisnis yang tidak hanya menguntungkan (profitable) tapi juga AUTO-PILOT, yaitu bisnis punya sistem yang berjalan sehingga pemilik bisnis tidak terikat di dalam bisnis dan bisa punya waktu bersama keluarga.

Global Awards Winning Business Coach, Coach Yohanes G. Pauly dalam bukunya Business is FUN!, menjelaskan untuk membangun bisnis yang menguntungkan dan AUTO-PILOT, maka pemilik bisnis harus menerapkan strategi 4 Kaki Meja:

1. Strategi leads creation

Merupakan strategi untuk mendatangkan calon customer ke bisnis bahkan bisa membuat customer antri tanpa harus perang harga.

Salah satu rahasia strategi leads creation dalam membangun bisnis yang menguntungkan adalah pemilik bisnis harus fokus menjual emotional benefit dibandingkan functional benefit. Dengan fokus pada emotional benefit, pemilik bisnis bisa menarik calon customer untuk beli di bisnis tanpa harus perang harga.

2. Strategi leads conversion

Yaitu mengkonversi calon customer menjadi customer agar membeli produk atau jasa sehingga memberikan profit di bisnis.

Sebagai salah satu strategi penting untuk membangun bisnis yang menguntungkan, Coach Yohanes G. Pauly menjelaskan ada banyak strategi yang bisa diterapkan agar calon customer membeli persis disaat itu juga.

3. Strategi customers & suppliers fulfillment

Ini adalah strategi yang sangat penting untuk membangun bisnis yang AUTO-PILOT.

Strategi customers & suppliers fulfillment berbicara tentang membangun sistem yang berjalan dan diterapkan oleh semua karyawan di bisnis.

Untuk membangun sistem, pemilik bisnis harus melalui 8 langkah ini, yaitu: SMARTER Business Goals, Business Strategy, Flowism, Organism, Mechanism, Quantification, Elimination, dan Automation.

4. Strategi shareholders fulfillment

Tak kalah pentingnya dengan membuat sistem yang berjalan, pemilik bisnis juga harus mengerti dengan bahasa finance. Pemilik bisnis harus bisa membuat perencanaan keuangan yang benar.

Meskipun pemilik bisnis bisa merekrut seorang advisor keuangan, tetap saja pemilik bisnis harus mengerti dengan dasar keuangan bisnis agar profit dan pengeluaran bisa tercatat dan tidak tumpang tindih.

“Kalau profit is the king, maka cash is king kong. Oleh karena itu sangat penting untuk menguasai perencanaan keuangan sampai ke pembukuan.” ucap Coach Yohanes G. Pauly.

Baca juga:

5. Strategi team creation, conversion & fulfillment

Coach Yohanes G. Pauly menjelaskan bahwa tugas utama pemilik bisnis adalah membangun superteam yang akan membantu pebisnis untuk membangun bisnis yang menguntungkan (profitable) dan AUTO-PILOT.

Superteam adalah aset yang sangat penting di bisnis. Oleh karena itu pemilik bisnis harus punya strategi yang tepat mulai dari rekrut karyawan hingga membangun kinerja karyawan agar maksimal.

6. Strategi personal foundation

“Apa formula agar bisa sukses di bisnis dan hidup? Jawabannya ada sebuah formula yang bisa diterapkan tidak hanya untuk bisnis saja tapi untuk juga kehidupan.” ujar Coach Yohanes G. Pauly

Formula sukses tersebut ada 4 yaitu:

  • Start with the right belief
  • Move with the great actions
  • Learn with the wise response
  • Lean to the mighty God

7. Strategi business foundation

Business foundation berisi 3 bahan dasar utama untuk membangun bisnis yang menguntungkan (profitable) dan AUTO-PILOT. Coach Yohanes G. Pauly mengatakan bahwa membangun bisnis juga membutuhkan dasar dan fondasi yang kuat, jika tidak bisnis bisa roboh.

3 fondasi dalam bisnis:

  • Time: bahan dasar utama yang terpenting dalam membangun bisnis karena tidak bisa dihentikan pemakaiannya, tidak bisa didaur ulang dan sangat banyak yang menyia-nyiakannya
  • Energy: bahan dasar utama yang paling sering dilupakan karena sering tidak dianggap saat semua baik, namun baru disadari pentingnya pada saat kekurangan tenaga.
  • Money: bahan dasar yang paling sering dikeluhkan banyak orang dan mereka sangat yakin bahwa seandainya mereka punya banyak uang maka bisnisnya pasti sukses.
0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *