strategi pemasaran digital

6 Strategi Pemasaran Digital di Masa Krisis

strategi pemasaran digital

Bingung bagaimana caranya agar Bisnis bertahan dikala menghadapi masa krisis? Terapkan 6 strategi pemasaran digital ini, yang tidak hanya membuat bisnis Anda bisa tahan melalui krisis, tapi juga makin berkembang ke next level.

Bisnis di masa krisis

Masa krisis membawa dampak dan resiko yang sangat besar terutama pada dunia bisnis. Tak satupun bisnis yang luput dari dampak masa krisis. Beragam kondisi dirasakan oleh pemilik bisnis, mulai dari “goyang” nya omzet, hingga terpaksa gulung tikar.

Tentunya pemilik bisnis akan melakukan beragam usaha dan strategi agar bisnis mereka bisa melalui masa krisis dengan optimal. Salah satu usaha yang dilakukan oleh pemilik bisnis adalah dengan menerapkan strategi pemasaran digital agar bisa menjangkau target pasar lebih luas dan menyesuaikan dengan kebutuhan customer yang serba digital.

Strategi pemasaran digital

Strategi pemasaran digital mungkin tidak asing bagi pemilik bisnis, karena bisa saja pemilik bisnis selama ini telah menerapkan strategi pemasaran digital di Bisnis.

Namun ingat, pemilik bisnis harus menyesuaikan strategi pemasaran digital yang biasa diterapkan dengan kondisi di masa krisis.

Global Awards Winning Business Coach, Coach Yohanes G. Pauly menjelaskan bahwa untuk melalui masa krisis dengan optimal dan membawa bisnis ke next level, pemilik bisnis harus memenuhi 6 syarat strategi pemasaran digital yang disebutnya dengan ON+LINE, apa saja syarat strategi tersebut?

On the Go

Syarat pertama adalah produk bisnis harus mudah untuk dibeli dengan dibawa, dikirim, dan diakses melalui mobile device oleh customer. Bagaimana bisnis bisa bertahan melalui masa krisis jika produk yang dijual tidak easy to buy?

“Apakah bisnis Anda sudah memenuhi syarat On the Go (O)? Jika belum, berarti Anda harus kaizen produk Anda, harus lakukan continuous improvement, jika tidak, akan sangat sulit bagi bisnis Anda untuk terbang tinggi.” jelas Coach Yohanes G. Pauly.

Baca juga:

Neat

Syarat kedua yang tak kalah pentingnya adalah bisnis harus berkualitas tinggi dan dapat dipercaya. Sudah menjadi keharusan bahwa produk yang dijual merupakan produk yang memiliki kualitas dan mutu tinggi.

Coach Yohanes G. Pauly menjelaskan bahwa kendala-kendala yang ditemukan oleh pemilik bisnis pada kondisi krisis bukanlah sebuah alasan rendahnya kualitas produk.

Seharusnya kondisi krisisadalah momen yang sangat tepat untuk membuktikan pada customer bahwa bisnis mereka sangat terpercaya karena selalu menjaga kualitas dan mutu produk bahkan disituasi sulit.

Oleh karena itu, syarat strategi pemasaran digital kedua adalah pemilik bisnis harus fokus tidak hanya pada marketing tapi juga branding. Karena kalau branding bisnis jelek, penjualan tidak akan meningkat.

Loud

Jika bisnis Anda sama dengan bisnis lain, tidak ada discriminator-nya, tidak memiliki ciri khas sebagai pembeda, maka masa krisisbisa jadi merupakan akhir dari bisnis Anda.”

Founder dan Master Coach di GRATYO® Practical Business Coaching ini menambahkan bahwa jika pemilik bisnis tidak memiliki pembeda antara bisnisnya dengan kompetitor di mata customer, maka yang terjadi adalah perang harga hingga lama kelamaan bisnis merugi dan bisa jadi gulung tikar.   

Internet

“Produk atau jasa yang Anda jual di bisnis harus tersedia, mudah ditemukan, dan dibeli di internet.” jelas Coach Yohanes G. Pauly.

Transaksi secara internet (online) menjadi syarat penting dalam strategi pemasaran digital karena customer sudah beralihke dunia internet. Pemilik bisnis harus bisa beradaptasi dan menguasai dunia internet sehingga produk yang dijual tersedia, mudah dicari, mudah diakses dan mudah dibeli oleh customer.

Yuk klik disini untuk ketahui 2 syarat strategi pemasaran digital lain yang dibahas secara lengkap dan detail oleh Coach Yohanes G. Pauly!

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *