Tips marketing

6 Tips Marketing Praktis Agar Bisnis Selalu Ramai Customer

Tips marketing

Bisnis Anda belum seramai yang Anda mau dan sering terjebak perang harga? Terapkan 6 tips marketing praktis dan lengkap ini di bisnis Anda agar bisnis selalu ramai diantri customer dan omzet bisa makin melimpah!

Bisnis sepi customer

Customer yang beli di bisnis belum sebanyak yang Anda mau? Strategi dan aktivitas marketing yang Anda jalankan tidak ada yang berhasil membawa calon customer ke bisnis Anda? Satu-satunya cara yang sukses membuat customer beli adalah dengan memberikan diskon atau menurunkan harga serendah-rendahnya?

Kalau Anda mengalami mimpi-mimpi buruk tersebut, ini saatnya Anda untuk mulai membenahi bisnis Anda! Yuk mulai dari hal yang sangat fundamental dari bisnis, yaitu memperbaiki strategi marketing yang Anda terapkan!

Global Awards Winning Business Coach, Coach Yohanes G. Pauly memberikan 6 tips marketing agar bisnis selalu ramai diantri customer tanpa perang harga yang ia sebut GRATYO® Marketing Pyramid:

1. Specific WHO

Menentukan siapa target spesifik yang menjadi sasaran penjualan bisnis. Banyak pemilik bisnis yang terjebak dan menganggap bahwa semua orang adalah customer.

Ini adalah penyebab utama kenapa bisnis sepi customer dan terjebak perang harga, yaitu karena tidak ada specific WHO yang tepat untuk bisnis.

Coach Yohanes G. Pauly mengibaratkan target spesifik atau specific WHO dengan menembak burung yang terbang dengan peluru terbatas. Tentunya dengan peluru terbatas tidak semua burung akan ditembak.

2. Relevant WHERE

Setelah mendapatkan specific WHO, langkah berikutnya yaitu relevant WHERE. Jika sudah mendapatkan sasaran orang yang mungkin akan membeli di bisnis, maka tentukan dimana biasanya mereka berada.

Ibaratkan seperti menembak burung tadi, pemilik bisnis sudah tahu jenis burung yang akan ditembak, bisa jadi jenis burung tersebut paling banyak ditemui di pohon X. Bila menembakkan peluru ke pohon tersebut, kemungkinan lebih banyak burung yang kena peluru.

3. Beyond WHAT

Coach Yohanes G. Pauly menjelaskan bahwa dalam berbisnis tidak cukup hanya dengan menjual produk atau barang yang bagus saja.

Pemilik bisnis harus menjual beyond WHAT dengan menonjolkan emotional benefit yang menjual ke sisi emosional dan menyentuh hati customer.

Baca juga:

4. Different WHY

Tips marketing keempat adalah dengan memiliki different WHY, yaitu alasan-alasan kenapa customer harus percaya terhadap produk atau jasa yang dijual.

“Tentu Anda tidak boleh berbohong saat membicarakan apa benefit atau manfaat produk atau jasa yang dijual. Jadi apa yang dijanjikan sebagai manfaat dari membeli produk atau jasa harus benar.” jelas Coach Yohanes G. Pauly.

5. Right WHEN

Yaitu dengan mengetahui kapan waktu atau kondisi yang tepat untuk menjual produk atau jasa ke calon customer.

Right WHEN ini tidak hanya berbicara mengenai waktu saja, tapi juga state of mind dengan memperhatikan apakah calon customer dalam pemikiran atau situasi yang tepat untuk menjadi target dalam aktivitas marketing.

6. Practical HOW

Kebanyakan pemilik bisnis terbalik dengan memikirkan bagaimana HOW-nya di bisnis, padahal seharusnya yang menjadi langkah pertama adalah tentukan WHO-nya dulu.

Di langkah keenam inilah pemilik bisnis harus membuat strategi, teknik atau kegiatan marketing agar bisa kena tepat ke specific WHO yang diinginkan.

Practical HOW bisa diterapkan dengan banyak variasi, misalnya dengan digital marketing, campaign, atau strategi-strategi lain yang berpotensi tinggi untuk mendatangkan calon customer yang tepat ke bisnis.

Kalau Anda ingin tahu tips marketing praktis dan lengkap dari Coach Yohanes G. Pauly, yuk simak video lengkapnya dengan klik disini!

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *