tips bisnis

7 Tips Bisnis untuk Naik Level Menuju Profitable dan AUTO-PILOT

tips bisnis

Anda punya 1001 masalah bisnis yang tidak kunjung habis-habis? Terapkan 7 tips bisnis dari Global Awards Winning Business Coach ini agar bisnis bisa keluar dari masa krisis dan naik ke level lebih tinggi menuju bisnis yang Profitable dan AUTO-PILOT!

Tips bisnis keluar dari krisis

Produk atau jasa Anda kualitasnya bagus namun customer yang beli sangat sedikit? Penjualan makin menurun dan omzet jatuh? Karyawan Anda makin tidak semangat bekerja dan Anda terpaksa bekerja ekstra?

Kondisi dimana bisnis tidak ada hentinya terkena masalah bukanlah kondisi yang ideal dan diinginkan oleh pemilik bisnis manapun. Waktu dan energi pemilik bisnis dipaksa untuk fokus membuat strategi agar bisnis bisa keluar dari masalah yang ada.

Global Awards Winning Business Coach, Coach Yohanes G. Pauly, memberikan 7 tips bisnis praktis yang bisa diterapkan oleh bisnis jenis apapun untuk keluar dari masa krisis:

1. Create new business funnel

Seringkali tanpa pemilik bisnis sadari bahwa sebenarnya ada banyak funnel bisnis yang sangat berpotensi untuk meningkatkan penjualan dan mengembangkan bisnis namun sayangnya tidak pernah tersentuh.

Contohnya adalah pada bisnis makanan yang biasanya hanya mengandalkan menu dine in, bisa ditambah funnel baru dengan adanya take away atau delivery order atau bahkan makanan beku ready to cook yang juga dijual melalui aplikasi online pesan/antar makanan.

2. Pivot your products or services

Tips bisnis dari Coach Yohanes G. Pauly yang kedua adalah pivot your product or services, tips ini menekankan bahwa bisnis harus bisa beradaptasi dan menyesuaikan dengan keadaan.

Misalnya saja pada bisnis kopi, trend yang sedang ramai saat ini di kalangan customer adalah kopi literan yang bisa disimpan sebagai stock atau untuk parcel kiriman.

Bisnis kopi yang dulunya tidak pernah menjual kopi literan kemudian memproduksi dan menjual kopi literan agar bisa beradaptasi dan mengikuti selera customer.

Baca juga:

3. Systemize your operations

Keadaan krisis mau tidak mau memaksa pemilik bisnis untuk menyesuaikan kondisi internal di bisnis. Bisnis yang awalnya hanya punya beberapa funnel saja atau beberapa produk saja, harus beradaptasi dengan keadaaan dan terkadang membutuhkan sistem baru untuk mengatur perubahan tersebut.

Tips bisnis dari Coach Yohanes G. Pauly adalah pemilik bisnis harus membuat sistem yang praktis dan dijalankan oleh seluruh karyawan.

Tujuan membuat sistem ini adalah agar bisnis bisa teratur, ada harmonisasi dan keseimbangan di internal sehingga ritme kerja bisnis bisa lebih teratur sehingga bisnis keluar dari krisis dan menuju bisnis yang AUTO-PILOT

4. Strengthen your team

Tips bisnis yang tak kalah pentingnya yang wajib diterapkan pemilik bisnis adalah memastikan bahwa bisnisnya memiliki karyawan yang punya the power of unity.

Maksudnya adalah karyawan harus punya rasa memiliki, tidak egois, tidak mementingkan diri sendiri dan penuh dengan drama.

Disaat krisis, pemilik bisnis harus bisa memisahkan mana karyawan yang punya dampak negatif dan membawa pengaruh buruk ke internal.

Pemilik bisnis bisa melakukan tindakan seperti dengan bicara face to face dengan karyawan tersebut agar mengubah perilakunya, atau jika sudah sangat negatif, pemilik bisnis bisa mengambil opsi untuk tidak bersama karyawan tersebut.

Karena jika pemilik bisnis tetap mempertahankan karyawan dengan tipikal seperti ini, bisnis tidak akan bisa bertahan dalam krisis, sebab karyawan tersebut akan memecah belah team dan menyebarkan aura pesimistik.

Mau dengar 3 tips bisnis lain lengkap dari Coach Yohanes G. Pauly? Klik disini untuk tonton penjelasan selengkapnya.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *