cara pemasaran produk makanan

Punya 1.300 Cabang di 9 Negara, Ini Cara Pemasaran Produk Makanan ala Kebab Baba Rafi

cara pemasaran produk makanan

Anda punya Bisnis di bidang Food & Beverage (F&B) dan kesulitan untuk memasarkan ke calon customer? Yuk simak cara pemasaran produk makanan yang dilakukan oleh Hendy Setiono, founder dari Baba Rafi Enterprise hingga bisa buka 1.300 lebih cabang di 9 negara di dunia.

Dari bisnis gerobak

Salah satu jenis bisnis dengan persaingan yang tinggi namun sangat diminati adalah bisnis jenis Food & Beverage (F&B). Makanan dan minuman yang merupakan kebutuhan pokok manusia menjadi faktor penting kenapa bisnis F&B tidak ada matinya dan bisa ditemukan di seluruh penjuru negeri.

Salah satu bisnis bidang F&B yang berhasil sukses ditengah ketatnya persaingan adalah bisnis Kebab Baba Rafi. Bisnis yang terkenal dengan warna kuning dan merah ini punya 1.300 lebih cabang di 9 negara di dunia.

Dibalik kesuksesan Kebab Baba Rafi, sebenarnya bisnis dulu ini dibuka hanya dengan bermodal uang Rp 4.000.000 saja dan dijual melalui gerobak kecil di kota Surabaya.

Hendy Setiono, founder Kebab Baba Rafi dalam perbincangannya dengan Coach Yohanes G. Pauly menceritakan kembali bagaimana perjuangannya memulai bisnisnya.

Sewaktu itu, di tahun 2003, bisnis kebab di Indonesia masih sangat sedikit. Ia melihat peluang yang sangat besar dengan memasarkan kebab dimulai dari kota tempat tinggalnya, Surabaya.

Tak disangka, kebab yang ia buat mendapat respon yang sangat bagus dari customer dan penjualan makin besar. Di tahun 2005 ia kemudian mulai membuka franchise kepada publik luas.

Cara pemasaran produk makanan

Kesuksesan Hendy Setiono dalam membesarkan Kebab Baba Rafi hingga bisa mendirikan Baba Rafi Enterprise yang membawahi banyak produk sangat menginspirasi banyak pemilik bisnis.

Cara pemasaran produk makanan yang ia terapkan membawa Baba Rafi Enterprise bisa naik ke level yang lebih tinggi dan membuka cabang di luar Indonesia.

Dari perbincangan Coach Yohanes G. Pauly dengan Hendy Setiono, ia menuturkan bahwa salah satu cara pemasaran produk makanan yang memberikan hasil yang sangat positif adalah dimulai dengan membangun internal bisnis terlebih dahulu.

Hendy Setiono menjelaskan ada syarat-syarat yang harus diterapkan oleh pemilik bisnis agar cara pemasaran produk makanan bisa sukses:

1. Bangun brand bisnis

Syarat pertama dalam cara pemasaran produk makanan oleh Hendy Setiono adalah pemilik bisnis harus membangun brand. Tanpa ada brand yang kuat, sangat sulit untuk memasarkan makanan ke calon customer.

Tak diragukan lagi nama brand Kebab Baba Rafi sangat terkenal di kalangan customer. Dengan nama brand yang kuat dan kualitas produk makanan yang dijual, Kebab Baba Rafi berhasil memenangkan hati customer.

“Kalau brand-nya belum terkenal, ya Anda harus bangun dulu brand-nya supaya bisa terkenal.” ucap Hendy Setiono.

Baca juga:

2. Bangun team yang kuat dan kompak

Syarat kedua agar cara pemasaran produk makanan bisa sukses adalah dengan membangun team yang kompak dan solid.

Team adalah salah satu aset paling berharga di bisnis. Jika bisnis punya team yang kompak, jauh dari perpecahan dan politik kantor, serta bekerja sesuai harapan, bisnis akan naik ke level yang lebih tinggi.

Mau tahu syarat lain dari Hendy Setiono agar cara pemasaran produk makanan bisa sukses? Yuk simak video perbincangan Coach Yohanes G. Pauly dengan Hendy Setiono dengan klik disini.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *