Rahasia Bisnis Jeff Bezos oleh Coach Yohanes G. Pauly

Jeff Bezos Tak Lagi Jadi CEO Amazon! Ini Rahasia Bisnis Si Orang Terkaya di Dunia

Rahasia Bisnis Jeff Bezos oleh Coach Yohanes G. Pauly

Jeff Bezos berhasil menyandang predikat gelar orang terkaya di dunia selama 3 tahun berturut-turut karena lonjakan saham Amazon. Dilansir dari Forbes, total kekayaan bersih Bezos saat ini menjadi sebesar 184,9 miliar dollar AS atau sekitar Rp 2.588,6 triliun.

Tapi mengejutkannya, setelah 27 tahun lebih membesarkan Amazon, Jeff Bezos di awal Februari mengumumkan pengunduran dirinya dari jabatan CEO.

Kesuksesan Jeff Bezos membangun bisnisnya dari nol tentunya butuh strategi dan perjuangan yang tak mudah. Berikut strategi dan rahasia bisnis yang diterapkan Jeff Bezos di Amazon, yang juga bisa diterapkan oleh pebisnis lain, dilansir dari Global Awards Winning Business Coach, Coach Yohanes G. Pauly:

1. Punya discriminator dengan bisnis lain

Strategi bisnis pertama adalah dengan memiliki discriminator, yaitu sebuah ciri khas dan pembeda yang hanya dimiliki oleh bisnisnya dan tidak dimiliki oleh bisnis lain.

Dengan adanya discriminator, pebisnis tidak perlu takut kehilangan customer, karena dimata customer produk atau jasa yang dijual oleh pebisnis unik, berbeda, punya daya tarik yang membedakannya dengan bisnis lain, dan dapat memenuhi keinginan dan kebutuhan mereka.

Discriminator yang ditonjolkan oleh Jeff Bezos saat membangun Amazon adalah bisa menjangkau siapa saja dan dimana saja tanpa ada batasan waktu dan ruang dengan internet.

2. Profit is the King, cash is King Kong

“Jika pebisnis ditanya apa tujuan bangun bisnis, tentu jawabannya adalah untuk mencari profit. Namun disamping profit, ada yang jauh lebih penting yaitu cash.” ucap Coach Yohanes G. Pauly.

Artinya, benar bisnis harus mencari profit, namun ingat justru pebisnis harus lebih memperhatikan cash flow di bisnis. Bisnis bisa saja “hidup” meskipun tidak profitable selama masih ada cash untuk bertahan. Namun jika tidak ada cash, bisnis tidak punya uang lagi untuk membayar kebutuhan bisnis. Bisnis bukan “sakit” lagi, tapi bahkan bisa mati!

Dikalangan para pakar keuangan dan investor, Amazon dikenal kuat dalam mengatur cash flow nya. Free cash flow adalah metrik penting bagi Amazon, Jeff Bezos menyebutnya sebagai “Amazon’s ultimate financial measure”. Inilah yang membuat lonjakan saham Amazon yang membuat Jeff Bezos jadi langganan di daftar orang terkaya di dunia.

Baca juga:

3. Rahasia bisnis dengan sistem yang berjalan

Membuat sebuah sistem yang praktis, mudah dimengerti, diterapkan dan dijalankan oleh seluruh team merupakan sebuah kewajiban. Tanpa ada sistem, pekerjaan di bisnis akan berantakan, tidak adanya kejelasan tanggung jawab dan pekerjaan team, serta semua instruksi terpusat di pebisnis.

Dampak terbesarnya pada bisnis adalah performa bisnis sangat jauh menurun dan bisnis sangat susah untuk berkembang karena ujung-ujungnya semua pekerjaan harus diinstruksikan terlebih dahulu oleh pebisnis untuk dilakukan.

Amazon memiliki standar tinggi, dan sistem dipikirkan dengan baik, diuji, dan diperbarui saat diperlukan. Sistem seperti itu akan mengidentifikasi cacat dari akarnya dan memperbaikinya sebelum masalah besar muncul. Dari tingkat profesionalisme yang tinggi itulah teori Amazon tentang “Melakukan hal-hal dengan benar hanya demi melakukan hal yang benar” telah berkembang.

4. Bangun superteam

Rahasia bisnis keempat yang harus diterapkan oleh pebisnis adalah dengan membangun superteam, karena team adalah salah satu aset paling berharga di bisnis.

Untuk membangun superteam pebisnis harus merekrut orang yang tepat, di posisi yang tepat, dan diwaktu yang tepat, sehingga team yang direkrut akan bekerja dengan optimal dan membawa bisnis ke level yang lebih tinggi.

Tentu saja, Jeff Bezos tidak membawa Amazon ke posisinya saat ini sendirian, dan dia juga tidak akan dapat melewati periode perjuangannya tanpa bantuan luar biasa dari tim intinya.

Untuk itu, Bezos mengandalkan apa yang dikenal sebagai S-Team (‘S’ untuk senior); sekelompok pemimpin terpercaya yang bertemu secara teratur untuk membahas keputusan penting dan mengarahkan tujuan dari raksasa ritel ini.

Mau Pelajari Strategi Praktis Bangun Bisnis Profitable & AUTO-PILOT?


0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *